Review Isuzu MU-X

Review

Review Isuzu MU-X

JAKARTA - Setelah lama dinanti akhirnya Isuzu Indonesia memasarkan Isuzu MU-X. Inilah SUV 7-seater yang memperkaya jajaran mobil penumpang Isuzu Indonesia setelah Panther. Sebagai Raja Diesel, Isuzu membenamkan mesin turbodiesel bertenaga di Isuzu MU-X.

Eksterior

Mobil ini memang terbilang besar. Berdasarkan data, Isuzu Mu-X memiliki panjang 4,825 meter, lebar 1,860 meter, tinggi 1,840 meter, wheelbase 2,845 meter dan ground clearance 230 mm. Dimensi besar ditambah dengan desain yang maskulin memberi kesan bahwa mobil ini siap tempur ke medan manapun.

Tampilan depan mobil dipercantik dengan grille berlapis krom yang terbilang cukup besar. Logo khas Isuzu disematkan pada bagian tengah grille yang menjadi ciri khas mobil-mobil Isuzu. Untuk menjadikannya terlihat lebih modern lagi, Isuzu pun menyematkan projection headlamp sumber pencahayaan mobil di kala malam.

Karakter berotot bisa dijumpai pula di bagian bumpernya. Isuzu melapisi bumper bawah dengan warna hitam. Perbedaan warna  ini menjadikan kesan tangguh. Ditambah lagi, Isuzu fog lamp yang tentu memudahkan visibilitas pengendara saat berkendara melintasi kabut.

Interior

Meski pada bagian luar mobil tampak menawan, namun ketika memasuki kabin kesan sederhana justru melekat. Warna hitam menjadi warna dominan di sini. Warna tersebut tentu menjadi warna aman mengingat sebagai SUV, memiliki habitat di jalan rusak dan tentunya kotor. Namun, untuk memberi nuansa lebih cerah, Isuzu menyematkan beberapa hiasan beraksen silver di bagian dashboard.

Tampilannya semakin dinamis dengan disematkannya pusat kontrol suhu ruangan dengan desain terbilang menarik. Apalagi Isuzu juga menggunakan lampu berwarna merah untuk memudahkan penggunanya melihat apa yang dia perlukan.

Sementara electric seat yang membantu pengemudi menemukan posisi berkendara yang pas. Ini dirasa penting terutama kemampuan kursi yang bisa naik-turun, sliding dan reclining.

Jok baris tengah mobil bisa diisi dengan 2 atau 3 orang. Jika diisi dengan 2 orang maka sandaran kursi tengah dapat diturunkan dan menjadi armrest. Kenyamanan juga masih ditopang dengan ruang kaki  cukup lega.

Sementara pada jok baris ketiga, ruang kaki memang terbilang terbatas. Kenyamanan di bagian ini mungkin tidak senyaman dengan baris kedua atau pertama, namun Isuzu tetap berusaha memberi kenyamanan lebih pada jok baris paling belakang dengan menambahkan lubang AC pada atapnya. Fasilitas ini pun juga ada di baris kedua.

Mesin

Isuzu mempercayakan mesin 4JK1-TC Hi-Power 4 silinder DOHC 16-Valve berkapasitas 2.500 cc yang mampu melepaskan tenaga sebesar 136 HP dan torsi maksimal sebesar 320 Nm.

Drive

Kini saatnya untuk menjajal mobil ini. Masuk ke dalam, kursi terbilang cukup nyaman. Posisi duduk memang terbilang cukup tinggi, namun hal ini masih bisa diatasi dengan menggunakan electric seat yang telah dibahas di atas.

Jarak pandang ke depan terbilang bagus. Namun jarak pandang kebelakang agak sempit karena ukuran kaca belakang kurang luas dan agak terganggu dengan jok baris ketiga. Akibatnya, mobil dengan ketinggian rendah seperti sedan sulit terlihat dari kaca spion tengah, khususnya ketika malam hari.

Untungnya Isuzu menempatkan spion samping dengan ukuran yang terbilang lebar sehingga bisa diandalkan untuk melihat ke belakang. Selain itu, kamera belakang (rear-view camera) disediakan untuk memudahkan mobil begerak mundur.

Ketika tombol starter ditekan, mesin menderu seketika. Getaran dan suara khas mesin diesel terbilang terasa namun ini terbilang halus. Tuas persneling cukup nyaman digenggam dan kontrol-kontrol di dashboard mudah digapai tangan (ergonomis).

Tuas perseneling pun kami pindahkan ke posisi D dan pedal gas ditekan secara perlahan. Mobil melaju dengan cukup halus. Jujur, mobil terasa agak sedikit lama untuk mencapai kecepatan tinggi. Tidak langsung ‘greng’. Namun ketika mobil sudah melaju dengan kecepatan tinggi pada lintasan lurus, mobil masih terasa stabil. Tercatat, Isuzu MU-X berhasil mencapai kecepatan 170 km/jam.

Kami pun coba membawa Isuzu MU-X ke daerah dengan kondisi jalan sedikit menantang. Kawasan Sentul pun menjadi pilihan. Ketika melalui jalan dengan tanjakan curam, mobil terasa agak berat. Tuas perseneling pun akhirnya dipindah ke transmisi manual dan diarahkan ke gigi 1. Seketika itu juga tarikan mobil menjadi jauh lebih ringan dan tanjakan curam dapat dilintasi dengan mudah.

Jalan berlubang pun tidak menjadi masalah bagi Isuzu Mu-X. Ground clearance-nya yang tinggi menjadikan kami merasa percaya diri untuk melibas jalan yang tidak rata. Kaki-kaki yang disematkan Isuzu juga terasa mantap menerjang segala medan.

Safety

Untuk keselamatan, Isuzu telah menyiapkan beberapa fitur yang yang digunakan sebagai standard: Dual Airbag, Anti-lock Brake System, Electronic Breakforce Distribution, Electronic Stability Control, Traction Control System dan Brake Asist.

Hiburan

Untuk hiburan, Isuzu Mu-X mengandalkan head unit dual din dari Kenwood. Dengan head unit ini maka penumpang dapat menikmati beragam hiburan mulai dari radio, USB hingga DVD. Cukup lengkap untuk menemani perjalanan jarak jauh.

Layakkah Dimiliki?

Isuzu Mu-X merupakan sebuah pilihan cerdas. Dengan beragam fitur keselamatan ditambah dengan mesin cukup tentu menjadikan mobil ini tepat bagi Anda. Namun perlu dicatat Isuzu MU-X hanya tersedia dalam pilihan 4x2.

Dengan harga Rp 458 juta, rasanya harga yang sepadan dengan apa yang bisa didapatkan dari mobil ini. [Adi/Idr]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual