Rencana BMW Rakit Lokal X7 Belum Berubah di Tengah Pandemi

Berita Otomotif

Rencana BMW Rakit Lokal X7 Belum Berubah di Tengah Pandemi

JAKARTA – BMW masih belum mengubah rencana perakitan lokal X7 di Indonesia pada 2020, meski pandemi virus Corona (Covid-19) sedang menerpa sejak Maret kemarin dan mengganggu penjualan maupun aktivitas perakitan.

Jodie O’Tania selaku Director of Communication BMW Group Indonesia, mengatakan pihaknya masih berencana menambah lagi model produksi lokal pada 2020. Satu yang sudah terungkap sejak beberapa waktu lalu adalah X7, dan itu diakui lagi oleh Jodie dalam konferensi video akhir pekan lalu.

“Untuk saat ini (rencana perakitan X di Indonesia) masih sesuai jadwal semula. Kan memang rencananya itu di semester kedua, tidak pernah di semester kesatu,” ucap dia.

BMW melakukan produksi lokal memanfaatkan sumber daya milik PT. Astra International. Grup bisnis raksasa di Nusantara itu memiliki fasilitas manufaktur kendaraan di Sunter, Jakarta yang dioperasikan oleh PT. Gaya Motor sebagai anak perusahaan mereka.

Merek asal Jerman itu sendiri telah merakit sebagian besar model yang mereka jual di Indonesia. Untuk sedan, BMW telah merakit lokal Seri 3, Seri 5, Seri 7 sedangkan untuk model sport utility vehicle (SUV) ada X1, X3, maupun X5.

Mereka juga sudah melakukan hal serupa untuk merek MINI. Adapun model yang dirakit adalah Countryman.

Menurut Jodie, pandemi Corona yang diumumkan telah masuk Indonesia pada 2 Maret 2020 mempengaruhi produksi maupun distribusi model-model yang telah dirakit. Setelah sebelumnya mengurangi volume produksi, BMW akhirnya menutup sementara pabrik Sunter dari 10 – 24 Maret untuk mengikuti pembatasan mobilitas orang serta barang melalui penerapan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibu Kota.

“Kami sudah menyiapkan beberapa skenario dan strategi, untuk bagaimana menjalani situasi tersebut. Ini karena sampai sekarang pun kami tak dapat mengetahui situasi pasti, sampai kapan PSBB berlanjut,” papar Jodie.

Virus Covid-19 sendiri telah menyebabkan perekonomian terganggu dan pasar otomotif anjlok. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sampai merevisi target penjualan mobil nasional 2020 dari kisaran 1 juta unit—relatif sama dengan tahun lalu—menjadi 600 ribu atau turun sekitar 40 persen. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar