‘Sultan’ Beli 1 Slot Tempat Parkir Rp18 Miliar, Pecahkan Rekor Dunia

Berita Otomotif

‘Sultan’ Beli 1 Slot Tempat Parkir Rp18 Miliar, Pecahkan Rekor Dunia

HONG KONG –Anda bisa melakukan hal gila apa pun kalau punya uang. Termasuk membeli tempat parkir dengan harga tak masuk akal untuk orang kebanyakan—dan mencetak rekor dunia.

Sebuah tempat parkir untuk satu mobil di Hong Kong, seperti dilaporkan BBC baru – baru ini, dibeli dengan harga HK$10,2 juta atau sekitar Rp18,75 miliar (HK$1 = Rp1.838,93). Itu adalah satu dari beberapa tempat parkir individual yang dijual di area perumahan supermewah bernama The Peak yang berlokasi di Mount Nicholson.

Sayangnya, tidak disebutkan siapa ‘sultan’ tajir yang merogoh uang sebesar itu dari koceknya hanya untuk satu slot tempat parkir.

The Peak, Mount Nicholson, Hong Kong

Dilaporkan bahwa harga tersebut berhasil memecahkan rekor dunia tempat parkir termahal. Status itu dua tahun terakhir dipegang oleh satu tempat parkir yang (lagi – lagi) berada di Hong Kong dengan harga jual US$980 ribu atau setara Rp13,97 miliar (US$1 = 14.257,95).

Wheelock Properties, agensi penjualan properti dari Mount Nicholson, belum merespons permintaan komentar dari BBC hingga artikel ini dipublikasikan.

Sebagai informasi, Mount Nicholson merupakan area yang identik dengan orang – orang sangat kaya. Di sana, terdapat beberapa perumahan paling mahal di kawasan Asia.

Hong Kong sendiri adalah negara-kota relatif kecil yang sangat padat penduduk. Biaya hidupnya sangat mahal, sampai – sampai ditahbiskan sebagai kota termahal di dunia untuk kedua kalinya berturut – turut pada 2020.

Tak heran jika harga ruang dan tanah di sana relatif mahal, baik itu untuk hunian maupun tempat parkir.

Seperti banyak kota besar, di Hong Kong telah berkembang pasar spekulatif yang amat besar untuk properti. Beberapa bulan belakangan, pasar rumah mewah mencatatkan transaksi – transaksi yang memecahkan rekor.

Ini disebabkan oleh kepercayaan diri konsumen yang telah kembali, seiring dengan meredanya pandemi virus Corona (Covid-19) di sana. Pada Mei 2021, misalnya, sebuah rumah di The Peak memecahkan rekor sewa US$210 ribu per bulan atau setara Rp2,99 miliar. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar