Daftar Mobil Baru yang Meluncur di Indonesia Semester Satu 2022 (April – Juni)

Berita Otomotif

Daftar Mobil Baru yang Meluncur di Indonesia Semester Satu 2022 (April – Juni)

Puluhan mobil baru meluncur sepanjang semester satu 2022, belasan di antaranya meluncur pada kuartal pertama (Januari-Maret) dan di kuartal kedua (April-Juni).

Setidaknya ada 10 merek kendaraan yang meluncurkan mobil baru selama semester satu 2022 periode April-Juni, antara lain Toyota, Honda, Suzuki, Mitsubishi, hingga jenama-jenama asal Eropa seperti BMW dan MINI.

Nah, di bawah ini adalah daftar mobil baru yang meluncur di Indonesia sepanjang semester satu dalam kurun periode April – Juni 2022.

New Mazda CX-5

Mazda memberikan beberapa pembaruan di salah satu produk SUV-nya, CX-5, pada 1 April.

Pembaruan yang diberikan kepada CX-5 mencakup eksterior, interior, dan tambahan fitur terkini.

Di sektor eksterior New CX-5 mendapat pembaruan seperti di lampu depan dan belakang, gril, pelek, lalu ukuran Signature Wing menjadi lebih besar. Sedangkan di interior, khususnya varian termahal ada roof lining berwarna hitam, jok kulit dengan aksen jahitan merah, dan panel-panel motif karbon.

Teknologi bantuan aktif pengemudian, Mazda I-ActivSense mendapat tambah beberapa fitur seperti Mazda Radar Cruise Control, Cruising and Traffic Support, dan Adaptive LED Headlamps. Fitur-fitur tadi melengkapi yang sebelumnya sudah ada seperti Lane Departure Warning System dan Lane Keeping Assist.

New Mazda CX-5 dirilis dalam dua varian, yaitu Elite dan Kuro. CX-5 Elite dibanderol Rp597,7 juta, sedangkan Kuro yang merupakan varian tertinggi seharga Rp607,7 juta on the road (OTR) Jakarta.

Toyota Hiace & Dyna Euro 4

Toyota Hiace dan Dyna Euro 4 mulai diniagakan pada 7 April 2022.

Pada Hiace terbenam mesin 1KD-FTV berkapasitas 2.982 cc dengan tenaga maksimal 134 hp pada 3.400 rpm dan 300 Nm pada rentang 1.200 – 2.400 rpm.

Selain mesin, Toyota juga menambahkan beberapa fitur sebagai pembeda dari model terdahulu, antara lain parking sensor, USB Charging, 3-point Seat Belt, Dual SRS Airbags, ABS+BA.

Khusus varian Hiace Premio disematkan fitur baru berupa Parking Camera dan Display Audio AVX 7 inci.

Toyota Hiace terbaru ditawarkan dengan harga Rp543 juta untuk varian Commuter dan Rp628 juta OTR Jakarta pada varian Premio.

Sementara itu New Toyota Dyna dibekali mesin baru bertipe N04C-W kapasitas 4.000 cc yang sudah standar Euro 4.

Eksteriornya turut mendapat penyegaran mulai dari bumper, gril, lampu utama, lampu kabut, dudukan spion samping sewarna bodi, dan logo Toyota tampil lebih besar.

Sedangkan interiornya mendapat blower AC ditambah boost ventilator, center cluster dan mobile stand desain baru, serta seat cover warna dark brown.

Harga New Toyota Dyna:

  • 115ST 4x2 5MT Rp354,9 juta
  • 136HT HI-Gear 4x2 6MT Rp433,6 juta
  • 136HT HI-Gear 4x2 6MT (PTO) Rp437,6 juta.

Honda City Hatchback RS Honda Sensing & New Brio RS Urbanite Edition

Honda merilis dua model mobil baru sekaligus pada 20 April. Keduanya adalah Honda City Hatchback RS Honda Sensing dan New Brio RS Urbanite Edition.

City Hatchback RS kini telah dibekali teknologi keselamatan Honda Sensing. Selain Honda Sensing, terdapat juga fitur-fitur seperti Honda Lane Watch, Auto Headlights, dan Walk Away Auto Lock.

Sementara untuk Brio RS Urbanite Edition terlihat lebih sporty dengan penambahan beberapa aksesori di eksteriornya.

Aksesori yang dimaksud ada tiga, yakni pelek baru berwarna matte black, emblem Urbanite, dan yang paling ketara adalah Tailgate Wing Spoiler di belakang mobil.

Soal harga, Honda City Hatchback RS dengan Honda Sensing menjadi varian yang termahal Rp362,6 juta, sedangkan untuk Brio RS Urbanite Edition memiliki harga mulai dari Rp226,9 juta OTR Jakarta.

All New Subaru Forrester

Pada 18 Mei, Subaru menandai kehadirannya kembali ke pasar Indonesia dengan mendatangkan All New Forester.

All New Subaru Forrester menggunakan Subaru Global Platorm yang memberikan keamanan dan rasa berkendara lebih baik.

Dapur pacunya menggunakan mesin Boxer FB20 2.0-liter, 4 silinder. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 153 hp dan torsi 196 Nm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi Linetronic CVT 7-percepatan.

All New Subaru Forrester juga mendapat berbagai macam fitur hiburan dan keamanan seperti Head Unit 8 inci lengkap dengan Android Auto dan Apple CarPlay, Adaptive Cruise Control, Pre-Collision Braking, Pre-Collision Throttle Management, Lead Vehicle Start Alert, dan masih banyak lagi.

All New Subaru Forrester tersedia dalam dua varian, Forrester L dan Forrester S-EyeSight. Masing-masing dibanderol Rp579,5 juta dan Rp659,5 juta OTR Jakarta.

Rolls-Royce Black Badge Ghost

Mobil baru selanjutnya yang meluncur di semester satu 2022 (April-Juni) adalah Rolls-Royce Black Badge Ghost. Resmi mendarat pada 24 Mei, Rolls-Royce Black Badge Ghost memiliki nuansa serba hitam, baik itu di bagian luar maupun di dalam.

Rolls-Royce Black Badge Ghost dilengkapi mesin V12 kapasitas 6.750 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 591,7 hp

Eurokars Group Indonesia sebagai distributor resmi merek Rolls-Royce mengatakan Black Badge Ghost ini sudah dapat dipesan, namun untuk harganya tidak tetap karena ditentukan berdasarkan personalisasi dari pembeli.

New Toyota C-HR Hybrid TSS

Lagi-lagi Toyota meng-update produknya. Pada 27 Mei, New C-HR Hybrid dengan teknologi keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) resmi meluncur.

TSS yang disematkan ke C-HR Hybrid didalamnya terdapat fitur Pre-Collision System, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert, dan Automatic High Beam.

Harga New Toyota C-HR Hybrid TSS Rp583 juta untuk non premium color dan Rp584,5 juta OTR Jakarta untuk premium color.

New Daihatsu Sirion

Memasuki bulan keenam 2022 atau tepatnya 2 Juni, Daihatsu merilis versi facelift dari Sirion.

New Sirion punya bumper depan, bumper belakang, dan lampu depan baru. Lalu di kabin ada meter cluster dan head unit baru. 

Fitur baru lainnya pada New Sirion antara lain Air Purifier, Speed Sensing, Doorlock, Hill Start Assist, Idle Stop System, dan D-CVT.

New Daihatsu Sirion dibanderol dengan harga mulai dari Rp236,8 juta OTR Jakarta.

MINI Electric

MINI Electric merupakan mobil listrik pertama yang dirilis BMW Group Indonesia pada 2022. MINI E resmi diperlihatkan ke publik pada 8 Juni.

Mobil listrik ini dibekali motor listrik yang sanggup mengeluarkan tenaga 184 hp dan torsi 270 Nm. Sumber tenaganya menggunakan baterai lithium-ion 12 modul yang sanggup berjelajah hingga 232 km dalam satu kali pengisian sampai penuh.

Selain itu, MINI E dibekali banyak fitur terkini, sebut saja Driving Assistant, Lane Departure Warning, Person Warning, Approach Control Warning, Light City Braking, Harman Kardon Sound System, Panoramic Sunroof, ARB Technology, Wireless Apple CarPlay, Wireless Charger, Comfort Access System, Rear View Camera, Dual Zone Automatic AC, dan sebagainya.

Harga yang disematkan pada MINI Electric berdasarkan pantauan di situs resminya per Agustus 2022 adalah Rp1,05 miliar.

All New Suzuki Ertiga Hybrid

Pada 10 Juni, giliran Suzuki merilis All New Ertiga Hybrid.

Teknologi hybrid yang disematkan pada Ertiga ini dinamakan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), yang mana terdapat baterai lithium-ion kapasitas kecil (6 Ah 12 V) dan Integrated Starter Generator (ISG). Keduanya bekerja bersama mesin bensin berkapasitas 1.5 L.

All New Ertiga Hybrid tersedia dalam dua tipe, GX dan SS. Masing-masing tipe tersedia dengan transmisi manual dan otomatis, sehingga total ada 4 varian. Untuk harga dimulai dari Rp270,3 juta OTR Jakarta.

Mitsubishi Triton Euro 4

Pada 17 Juni, Mitsubishi menghadirkan Triton yang sudah dibekali dengan mesin diesel berstandar Euro 4.

Mesin baru yang disematkan Triton Euro 4 ada dua, yaitu tipe 4N15 2.4 liter MIVED dan tipe 4D56 2.5 liter.

Kedua jenis mesin ini dilengkapi dengan Intercooler dan Turbocharger Direct injection. Daya yang dihasilkan mesin 4N15 mencapai 178 hp dan torsi 430 Nm.

Mitsubishi Triton tersedia dalam enam varian. Berikut ini detail harga OTR Jakartanya.

  • Triton GLX HR MT Single Cab 2WD Rp278,55 juta
  • Triton HDX MT Single Cab 4WD Rp363,35 juta
  • Triton HDX MT Double Cab 4WD Rp407,45 juta
  • Triton GLS MT Double Cab 4WD Rp428,5 juta
  • Triton Exceed MT Double Cab 4WD Rp463,75 juta
  • Triton Ultimate AT Double Cab 4WD RP496,8 juta.

New Mitsubishi Colt L300

Mitsubishi kembali meluncurkan versi terbaru dari Colt L300. Model pikap ini diluncurkan secara virtual pada 28 Juni.

Pembaruan yang diberikan mencakup penambahan panjang baknya menjadi 2.630 mm. Kemudian di Interiornya disematkan odometer digital, speedometer desain baru, dan pemasangan speaker.

Untuk mesinnya menggunakan tipe 4N14 kapasitas 2.268 cc yang sudah bersertifikasi Euro 4.

New Mitsubishi Colt L300 dijual dalam dua varian, Pick Up Flat Deck dan Cab Chasiss. Berikut rincian harga OTR Jakartanya untuk masing-masing varian:

  • New Colt L300 Pick Up Flat Deck Rp218,65 juta
  • New Colt L300 Cab Chasiss Rp213,65 juta.

New BMW 530i Touring M Sport

Di penghujung semester satu 2022, tepatnya 30 Juni, BMW Group Indonesia meluncurkan New BMW 530i Touring M Sport.

BMW 530i Touring M Sport ini hadir dengan penyempurnaan di berbagai bagian serta penyematan sejumlah fitur dan teknologi terbaru.

Mesin yang disematkan pada New 530I Touring M Sport memiliki kapasitas 2.000 cc dengan BMW TwinPower Turbo 4 silinder Double VANOS. Tenaga yang dihasilkan mencapai 252 hp dan torsi maksimal 350 Nm. Untuk akselerasinya dari 0-100 km/jam dicapai dalam waktu 6,7 detik.

New BMW 530i Touring Sport saat ini dijual dengan harga Rp1,875 miliar OTR Jakarta. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Andrew Barnabas Panggabean

Andrew Barnabas Panggabean

Seorang penulis/penerjemah bahasa Inggris. Memulai karier sebagai Content Writer di Gojek (2017-2019), lalu bergabung ke mobil123.com pada Desember 2021.


Berita Utama


Komentar