Recall Fuel Pump Mobil Honda di Indonesia Bertambah 94 Ribu Unit

Berita Otomotif

Recall Fuel Pump Mobil Honda di Indonesia Bertambah 94 Ribu Unit

JAKARTA – Honda memperbarui data jumlah mobil mereka yang terkena recall fuel pump di Indonesia. Ada tambahan nyaris 100 ribu unit kendaraan.

Recall (penarikan dan perbaikan komponen gratis) karena isu pada fuel pump pertama kali Honda Indonesia umumkan pada 2020. Ketika itu, ada 85.025 unit dari sembilan model (Brio, Mobilio, Jazz, BR-V, HR-V, CR-V, City, Civic, Accord) produksi 2017 - 2019 yang masuk dalam daftar.

Pada pertengahan 2021 ini, Honda mengumumkan lagi adanya recall fuel pump. Kali ini, jumlahnya 94.443 unit.

Model – modelnya sendiri masih sama seperti yang disebutkan di atas. Akan tetapi, 94 ribu unit tambahannya sekarang berasal dari tahun produksi 2019 saja.

Honda Mobilio

Recall fuel pump terkini digelar mulai 4 Juni 2021. Menurut Honda, recall dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap potensi terjadinya mesin tak bisa dinyalakan atau berhenti beroperasi tiba – tiba saat mengemudi.

“Mengingat pentingnya standar keselamatan bagi Honda terhadap konsumennya, kami terus berupaya untuk memastikan seluruh unit mobil yang ada pada konsumen berada dalam kondisi serta standar tertingginya,” ucap Denny MT, Service & Parts Asst. General Manager PT. Honda Prospect Motor (HPM) dalam keterangan resmi pada Jumat (4/6/2021).

“Seluruh penggantian komponen dilakukan tanpa memungut biaya apapun. Oleh karena itu, kami menghimbau dan mengingatkan kembali kepada konsumen yang kendaraannya teridentifikasi untuk segera membawa mobilnya ke dealer resmi Honda untuk proses pemeriksaan dan penggantian komponen,” lanjut dia lagi.

Booking Service via Aplikasi Honda e-Care

Dealer – dealer Honda disebut aktif mengirimkan surat ke alamat terakhir konsumen yang terdaftar. Identifikasi kendaraan dapat dilakukan melalui situs resmi Honda Indonesia.

Proses pemeriksaan plus penggantian fuel pump di bengkel resmi akan memakan waktu antara satu sampai dengan satu setengah jam (60 – 90 menit). Konsumen dapat membuat janji servis (booking service) dengan menelpon dealer Honda terdekat atau via aplikasi Honda e-Care yang diunduh pada App Store atau Play Store.

Ada pula pick up service sesuai dengan ketersediaan layanan di masing – masing dealer tujuan. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar