Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Recall Daihatsu Gran Max 1.5 dan Luxio Diklaim Memuaskan

Berita Otomotif

Recall Daihatsu Gran Max 1.5 dan Luxio Diklaim Memuaskan

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim bahwa permintaan perbaikan Gran Max 1.5 dan Luxio yang terkena recall sudah cukup baik.

Bahkan, Amelia Tjandra, Direktur Marketing ADM mengaku jumlahnya kini sudah melebisi ekspektasi mereka di awal pengumuman recall. Meski demikian, mereka menegaskan tetap bisa mengatasi permintaan perbaikan tersebut.

“Kami cukup kaget karena banyak permintaan pebaikan yang masuk, bahkan melebihi target kami. Hingga sekarang sudah lebih dari 1100-an unit yang sudah masuk bengkel. Sedangkan untuk booking, sudah lebih dari 2000-an unit. Itu baru sampai Desember,” ungkapnya.

Namun, jumlah tersebut memang terbilang masih kecil bila dibandingkan dengan total mobil yang terkena recall. Pasalnya, sedikitnya ada 36.915 Gran Max 1.5 dan Luxio terdampak recall yang digelar sejak 1 November 2019.

Recall tersebut dilakukan setelah adanya enam mobil Gran Max dan Luxio mesinnya mati saat dikendarai. Saat dilakukan perbaikan, ditemukan bahwa Connecting Rod pada mesih 1.5L 3SZ mengalami kerusakan.

Kerusakan ini terjadi karena adanya perubahan proses pembuatan Connecting Rod. Pembuatan Connecting Rod terdiri dari tiga proses dan kesalahan terjadi pada proses kedua yaitu forging atau tempa. Tekanan pada proses tersebut terlalu tinggi sehingga membuat komponen menjadi lebih stress dari seharusnya. Akibatnya saat digunakan berpotensi mengalami keretakan.

Perbaikan yang dilakukan terhadap kerusakan tersebut akan menghabiskan waktu sedikitnya 14 jam. Selain gratis, PT ADM juga akan memberikan voucher paket ganti oli untuk konsumen yang sudah mengikuti recall. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang