Bugatti Chiron Direcall Karena Masalah Airbag Samping

Berita Otomotif

Bugatti Chiron Direcall Karena Masalah Airbag Samping

WASHINGTON D.C – Bugatti Chiron di Amerika Serikat (AS) terkena recall (penarikan dan perbaikan gratis). Tentunya, proses recall Chiron ditangani dengan cara yang jauh berbeda dari mobil-mobil kebanyakan.

National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) pekan lalu dikabarkan mencantumkan recall dua unit Chiron di ‘Negeri Paman Sam’ dalam Safety Recall Report. Pasalnya, ada kemungkinan airbag samping pada mobil berbanderol 4 juta dollar AS (Rp 57,88 miliar) di AS itu tidak berfungsi sempurna.

Potensi kecacatan ini sendiri diketahui dari tes internal Bugatti. Ada dugaan komponen heat shield pada kursi Chiron tidak dipasang dengan semestinya, sehingga bisa mengurangi performa airbag samping ketika mengembang.

Penanganannya sendiri cukup berlebihan jika dilihat dari perspektif pabrikan mobil massal. Bagaimana tidak, kalau dalam recall merek mobil massal konsumen lah yang mesti berinisiatif membuat janji dengan dealer dan mendatangi bengkel resmi, konsumen Bugatti bisa dikatakan tinggal duduk manis saja.

Ini karena ‘flying doctors’ Bugatti bakal menghubungi dan membuat janji sesuai waktu yang diinginkan konsumen. Kemudian, partner yang ditunjuk oleh Bugatti akan datang, mencopot kursi dan menaruhnya di kotak kayu berdesain khusus.

Setelah itu, kursi bakal diterbangkan langsung ke pabrik Bugatti di Molsheim, Prancis untuk dicek. Jika memang kursi bermasalah, Bugatti akan membawanya ke penyuplai untuk penggantian modul airbag. Setelah selesai, kursi pun diterbangkan kembali ke AS, diantar ke sang pemilik, serta dipasangkan kembali.

Chiron merupakan salah satu mobil terkencang dunia. Pada 2017, hypercar satu ini sempat memecahkan rekor dunia 0-400-0 km/jam dalam 41,96 detik, sebelum dikalahkan oleh Koenigsegg Agera RS dengan catatan waktu 36,44 detik.

Mobil eksotis ini dipersenjatai mesin bensin 8.0-liter quad-turbocharged W16 dari Veyron yang sudah disempurnakan. Gelontoran tenaganya mencapai 1,479 hp di 6.700 rpm dengan torsi 1.600 Nm pada rentang 2.000-6.000 rpm. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar