Recall Airbag Honda Jalan Terus Saat Pandemi, Teknisi Bisa ke Rumah

Berita Otomotif

Recall Airbag Honda Jalan Terus Saat Pandemi, Teknisi Bisa ke Rumah

JAKARTA – Recall (penarikan dan perbaikan gratis) menyangkut airbag Honda di Indonesia masih terus berlangsung selama masa pandemi virus Corona (Covid-19). Karena situasi yang ada, merek asal Jepang ini memungkinkan teknisi datang ke rumah konsumen dan melakukan perbaikan.

Honda, melalui keterangan resmi pada Senin (28/9/2020), mengumumkan beberapa layanan baru dalam recall airbag yang sudah mereka gelar sejak 2013. Pertama adalah booking online via aplikasi E-Care.

Selanjutnya, melalui aplikasi ini, konsumen dapat memilih antar layanan Pick-up Service atau pun Home Service. Jika memilih Pick-up Service, mobil akan dijemput oleh dealer Honda dan dibawa ke bengkel resmi untuk menjalani perbaikan airbag inflator di sana.


Sementara itu, kalau memilih Home Service, teknisi Honda bakal menyambangi dan mengganti komponen tersebut di kediaman konsumen. Booking dan pemilihan layanan bisa pula melalui Honda Customer Care di 0-800-1446-632 dari Senin – Jumat di jam kerja.

Sekadar mengingatkan, recall ini Honda lakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan airbag mungkin mengembang secara berlebih (over deployment) akibat tekanan gas yang berlebihan dalam komponen inflator airbag. Hal ini berpotensi menyebabkan cedera serius dan/atau kematian pengemudi dan/atau penumpang depan pada saat terjadi kecelakaan.

Ada sembilan model yang teridentifikasi dalam kampanye ini. Model-model itu adalah Civic (tahun produksi 2001 – 2011), Stream (2002 – 2006), CR-V (2002 – 2012), Accord (2003 – 2013), City (2004 – 2013), Jazz (2004 – 2014), Odyssey (2004 – 2008), Freed (2009 – 2015) dan Brio (2013 – 2014).


Sejak kampanye ini berjalan, Honda telah melakukan berbagai upaya untuk menginformasikan dan mengundang konsumen yang mobilnya teridentifikasi untuk melakukan penggantian komponen di dealer resmi. Caranya adalah dengan mengirimkan pemberitahuan langsung kepada para pemilik kendaraan yang teridentifikasi ke alamat atau nomor telepon terakhir yang terdaftar melalui surat dan Whatsapp.

Selain itu, Honda juga banyak melakukan kerjasama dengan komunitas-komunitas pengguna mobil Honda di Indonesia. Informasi lebih mengenai recall maupun kendaraan teridentifikasi bisa diketahui dengan mengakses situs resmi Honda Indonesia.

“Kami terus berupaya agar seluruh unit mobil yang terdampak dapat dilakukan penggantian dengan memberikan kemudahan-kemudahan bagi Pelanggan kami untuk melakukan penggantian komponen dan untuk penggantian komponen ini tanpa dipungut biaya apapun. Upaya yang kami lakukan untuk program ini merupakan tanggung jawab kami untuk memastikan bahwa seluruh produk kami berada dalam standar tertingginya dalam hal keamanan dan kualitas,” kata Denny MT, Service and Parts Assistant General Manager PT. Honda Prospect Motor. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Video
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia meluncurkan Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockfort Fosgate Black Edition yang tampil lebih ...

Komentar