Tim R&D Daihatsu Indonesia Ikut Kembangkan Rocky

Berita Otomotif

Tim R&D Daihatsu Indonesia Ikut Kembangkan Rocky

JAKARTA – Tim Research and Development (R&D) Daihatsu di Indonesia cukup banyak terlibat dalam pengembangan Rocky.

Keterlibatan tim R&D Daihatsu Indonesia bahkan diklaim cukup penting, karena untuk memastikan Rocky bisa menjawab kebutuhan berkendara di Tanah Air.

“Peran dari tim R&D Indonesia cukup banyak, termasuk memberikan masukan untuk kondisi jalanan di Indonesia. Mulai dari banyaknya tanjakan dan suhu mesin terlalu panas yang berpengaruh terhadap performa. Semua itu kami perhatikan di sini dan riset kemudian dilakukan kembali di Jepang,” ungkap Audi Tarantini, R&D Testing Department Head PT Astra Daihatsu Motor beberapa waktu lalu.

daihatsu rocky

Saat ini, Daihatsu membawa Rocky dalam dua varian mesin, yaitu 1.0L turbo dan 1.2L. Keduanya menggunakan mesin 3 silnder dengan kode 1KR-VET untuk 1.0L dan WA-VE pada varian mesin 1.2L.

Rocky dengan varian mesin 1.0L memiliki kapasitas keseluruhan 998 cc dan didukung oleh turbocharger. Daya maksimum jantung pacunya mencapai 96,5 hp pada 6.000 rpm. Sedangkan untuk torsi puncaknya mencapai 140 Nm pada 2.400 rpm hingga 4.000 rpm.

Sementara, Rocky varian mesin 1.2L kapasitasnya 1.198 cc bertenaga 86,7 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 112.7 Nm pada 4.500 rpm.

Daihatsu Rocky hadir dengan pilihan transmisi CVT yang merupakan pertama di antara model-model Daihatsu lain. Transmisi ini menawarkan kenyamanan berkendara yang lebih, karena getaran mobil lebih teredam.

Sementara itu untuk transmisi manualnya, Daihatsu terlihat sudah melakukan pengembangan cukup serius. Pasalnya, karakter dari transmisi manual Daihatsu Rocky memang terasa berbeda bila dibandingkan dengan model-model lain. Transmisi manual pada Daihatsu Rocky terasa lebih presisi dan lebih mudah untuk dipindahkankan.

Daihatsu Rocky dijual dengan harga mulai dari Rp178,9 juta hingga Rp236,1 juta. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar