Ratusan Toyota Calya Sudah Dikirim untuk Jadi Taksi Express

Berita Otomotif

Ratusan Toyota Calya Sudah Dikirim untuk Jadi Taksi Express

DENPASAR - Toyota sudah menyuplai ratusan unit Calya ke operator taksi Express pada September 2019, sementara jumlah unit total yang dibeli oleh perusahaan transportasi tersebut ‘masih dalam pengecekan’.

Berita-berita mengenai pembelian Calya oleh operator taksi Express muncul beberapa hari belakangan. Selain Calya, Express juga membeli Daihatsu Sigra dengan total 1.000 unit untuk keduanya.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), membenarkan kabar Calya menjadi armada taksi Express. Namun, Anton mengaku belum bisa memberikan angka pasti mengenai jumlah unit yang dibeli oleh Express. Ia saat ini masih menanyakan datanya ke dealer-dealer.

“Ini karena menjual Calya (ke operator taksi) beda dengan jual Tansmover atau Vios. Model-model itu, kan, butuh surat dari kami sebagai keterangan untuk mendapatkan pengembalian pajak. Kami pun akhirnya menjadi tahu berapa unit. Tapi kalau Calya ini, kan, sudah tidak ada pajak. Pajak Penjualan Barang Mewahnya (PPnBM), kan, sudah 0 persen. Jadi kami harus tanya-tanya dan cek karena ada beberapa dealer yang menjual,” papar dia di sela-sela test drive 5 mobil hybrid Toyota pada 9 - 11 Oktober dengan rute Banyuwangi - Bali.

Sekadar menginformasikan, Calya tidak dikenakan PPnBM oleh pemerintah karena model tersebut masuk ke dalam segmen low cost green car (LCGC). LCGC merupakan segmen kendaraan compact, baik lima penumpang atau tujuh penumpang, yang dibebaskan dari pajak dengan syarat-syarat seperti tingkat komponen dalam negeri tinggi serta konsumsi bahan bakar minimal 20 km/liter.

Meski belum mengetahui total volume pasti Calya yang menjadi taksi Express, Anton menjelaskan pada September kemarin dealer-dealer Toyota sudah mendistribusikan ratusan unit.

“Dari yang kami dengar, kira-kira sekitar 100-an unit,” tandas dia.

Calya menjadi multi purpose vehicle (MPV) Toyota kedua yang menjadi armada taksi. MPV pertama adalah Transmover, varian Avanza yang khusus menyasar pasar taksi. Sebelum itu, ada pula sedan Toyota Vios. Namun, varian untuk taksi bernama Toyota Limo. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support