Ratusan Ribu Mobil Tesla Terancam Recall Karena Masalah Ini

Berita Otomotif

Ratusan Ribu Mobil Tesla Terancam Recall Karena Masalah Ini

WASHINGTON - Ratusan ribu unit mobil Tesla dari berbagai model teracam recall karena masalah pada suspensi depan.

The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau badan keselamatan jalan raya Amerika Serikat tengah melakukan penyelidikan pada sedikitnya 115 ribu unit mobil Tesla. Ini dilakukan setelah mendapatkan banyak keluhan masalah pada suspensi depan.

Menurut pihak NTHSA, telah masuk sekitar 43 keluhan dengan problem yang sama. Dan rata-rata terjadi pada Tesla Model S buatan 2015-2017 dan Model X 2016-2017 dengan masalah ban mentok ke fender saat melakukan manuver pada stir terutama pada kecepatan rendah.

Ratusan Ribu Mobil Tesla Terancam Recall Karena Masalah ini
Lebih detailnya disebutkan bahwa ada 32 pengaduan yang diterima karena kejadian saat sedang melakukan parkir. Sementara 11 terjadi saat mengemudi serta 8 keluhan dalam masalah kombinasi antara parkir dan berkendara.

Informasi penyelidikan yang dilansir oleh NHTSA sendiri muncul persis sebulan setelah terindentifikasinya cacat produksi dari Model S dan Model X hasil produksi pabrik Tesla di Fremont, Amerika Serikat. Mobil-mobil yang sedianya akan dikirim ke China tersebut terpaksa ditarik kembali ke pabrik karena masalah pada suspensi depan. 

Seperti dilaporkan Reuters, problem utamanya terkait dengan masalah daya tahan suspensi. Di mana kabarnya bisa langsung terbelah 2 saat mengalami benturan di jalan.

Ratusan Ribu Mobil Tesla Terancam Recall Karena Masalah ini
Dan jika menurut ke belakang, Tesla sejatinya pernah merilis buletin layanan konsumen yang menggambarkan masalah supensi pada produksi mereka di Februari 2017. Hal ini menyababkan suspensi depan gagal fungsi di mana ban akan mengenai liner lengkungan rumah roda atau fender saat bergerak.

Sampai berita ini diturunkan belum ada statemen resmi dari Tesla untuk menanggapi masalah ini. Dan tentu belum juga diketahui apakah akan dilakukan recall besar-besaran untuk melakukan perbaikan.

Masih mengenai problem pada produksi Tesla, NHTSA juga dikabarkan melakukan investigasi pada perangkat lainnya selain suspensi. Seperti pada Juni-Juli 2020 lalu, NHTSA melakukan investigasi pada masalah di layar sentuh Tesla  Model S 2012-2018 dan Model X 2016-2018. Juga penyelidikan pada masalah pendinginan baterai pada Tesla Model S produksi awal. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar