Rasa, Mobil Hidrogen yang Sederhana, Ringan dan Menyenangkan

Mobil Baru

Rasa, Mobil Hidrogen yang Sederhana, Ringan dan Menyenangkan

LLANDRINDOD WELLS - Bahan bakar hidrogen saat ini dianggap sebagai bahan bakar alternatif untuk menggantikan bahan bakar minyak (BBM). Toyota, Chevrolet dan Honda diketahui sudah mengembangkannya. Kini ada pemain baru, yang memperkenalkan mobil berbahan bakar hidrogen.

Adalah Riversimple Movement Ltd, sebuah pabrikan asal Wales yang memperkenalkan sebuah mobil berdesain untuk dengan nama Riversimple Rasa.

Secara desain, Riversimple Rasa memiliki desain unik dan memiliki arsitektur yang sama sekali berbeda dengan mobil konvensional. Perancangan desainnya dilakukan oleh insinyur-insinyur trampil yang pernah bekerja di perusahaan-perusahaan besar, bahkan ada yang pernah merancang mobil Formula 1 atau bekerja di industri kedirgantaraan.

Seperti halnya mobil sport, Riversimple Rasa menggunakan chassis dari karbon komposit. Hal ini membuat bobot mobil ini hanya 580 kg atau setengah dari berat mobil kecil yang kebanyakan memiliki bobot 1 ton.

Untuk urusan efisiensi, Riversimple Rasa yang memiliki kecepatan puncak hanya 96 km/jam ini cukup mencengangkan. Riversimple mengklaim Rasa hanya membutuhkan 1,5 kg hidrogen untuk menjelajah sejauh 482 km. Jarak Jakarta-Semarang saja hanya sekitar 450 km.

Mobil 2-seater itu memang masih merupakan prototype, tapi Riversimple mengatakan sudah pada jalur yang benar untuk memproduksi Rasa. Apalagi untuk pengembangannya, Riversimple menerima bantuan dana hingga 2 juta pounds dari pemerintah Wales.

Bila nanti jadi dijual, Riversimple menawarkan layanan unik karena akan mengedepankan sebuah konsep mirip dengan sewa kendaraan. Perbaikan, pemeliharaan, asuransi dan bahan bakar juga tidak akan dibebankan kepada para konsumen, tapi ditanggung oleh Riversimple.

Pada akhir periode kepemilikan, para pelanggan pun hanya bisa melakukan penukaran kendaraan dengan kendaraan baru atau mengembalikan Rasa lama.

"Rasa menandai tonggak penting dengan membawa mobil bertenaga hidrogen terjangkau dan sangat hemat ke pasar," kata Hugo Spowers, pendiri Riversimple Movement Ltd.

"Kami benar-benar memulai dari selembar kertas. Rasa memberikan kami kesempatan untuk memperkenalkan kepada para pelanggan sebuah konsep otomotif yang lebih nyaman, dengan biaya kepemilikan ringan sehingga tidak membebani kantong pengendara atau lingkungan sekitarnya. Mobil sederhana, ringan dan menyenangkan dalam segala hal," lanjutnya. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual