Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Hybrid Murah Suzuki di Indonesia Rakitan Lokal dan akan Diekspor

Berita Otomotif

Mobil Hybrid Murah Suzuki di Indonesia Rakitan Lokal dan akan Diekspor

JAKARTA - Mobil hybrid murah Suzuki, yang nantinya diproduksi di Indonesia, juga akan menyasar pasar ekspor.

Menurut Production Planning Control Assistant to Department Head PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) Apriyanto, mobil hybrid murah mereka yang segera mengaspal di Tanah Air juga akan dirakit secara lokal.

Sebagai salah satu pabrikan otomotif yang sudah melakukan ekspor, pasar luar negeri pun diintip oleh mobil hybrid murah Suzuki.

“Secara produk, karena kami sudah produksi, pasti pasar ekspor sudah menjadi salah satu tujuannya. Pasar ekspor kami menyumbang revenue (pendapatan) yang cukup baik dan sudah pasti akan menjadi pasar utama kami untuk berkembang,” ucap dia dalam Media Gathering di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 beberapa waktu lalu di Jakarta.

mild hybrid Suzuki

Sekadar mengingatkan, Suzuki bersiap meramaikan era mobil listrik di Indonesia melalui teknologi mild hybrid.

Teknologi yang mereka sebut SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) ini menjanjikan tingkat efisiensi bahan bakar yang lebih dari mobil bermesin pembakaran internal. Namun, harganya masih bisa dijangkau sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Identitas model yang digadang-gadang meluncur tak lama lagi itu masih dirahasiakan oleh Suzuki.

Akan tetapi, berdasarkan keterangan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, kendaraan elektrifikasi perdana Suzuki yang meluncur pada 2022 ialah Suzuki Ertiga mild hybrid.

Jenama asal Jepang itu sampai sekarang menolak menanggapi pernyataan Agus.

Suzuki Ertiga akan punya varian mild hybrid

Lebih lanjut, negara-negara tujuan ekspor dari mobil hybrid murah Suzuki nantinya adalah ‘blue market ocean’. Ini merupakan sebutan bagi negara-negara berkembang yang belum banyak dipenetrasi oleh pabrikan-pabrikan otomotif lain.

Blue market ocean sebelumnya telah menjadi target utama mobil-mobil konvensional Suzuki buatan Indonesia.

“Memang, blue market ocean sedang kami jajaki. Selain negara-negara Amerika Selatan sebagai salah satu pusat ekspor kami yang cukup baik, pasar-pasar lain yang masih bisa kami penetrasi juga akan kami masuki,” jelas Apriyanto.

Design Development, Engineering Administration, and Homologation SIM Mahardian Ismail menambahkan keunggulan mild hybrid yang hemat BBM, ramah lingkungan, tapi murah sesuai pula dengan kebutuhan para konsumen ‘blue ocean market’.

“Kami lihat negara-negara tujuan ekspor kami masih belum memadai sarana dan prasarana untuk mobil listrik dan daya beli masyarakat di sana belum bisa menjangkau (mobil listrik),” tutup dia. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang