Rahasia Transmisi Baru Kia Terungkap di Geneva

Berita Otomotif

Rahasia Transmisi Baru Kia Terungkap di Geneva

GENEVA - Rencana Kia memperluas jangkauan pasar mobil hatchback dengan Kia cee'd GT Line. Hatchback pedas ini akan menunjukkan transmisi baru dan pintar.

Kia memaparkan bakal menghadirkan transmisi dual-clutch 7-speed (DCT) untuk mobil produksi untuk pertama kali pada Kia cee'd GT Line. Transmisi ini akan disematkan Kia pada mesin 1.6-litre CRDi (diesel) tenaga 133 ps (131 Hp) dan torsi dari 265 Nm menjadi 285 Nm. Mesin ini diakui membantu pergerakkan Kia cee'd GT Line dengan torsi lebih besar daripada transmisi otomatis 6-speed lawas.

Dilansir situs resmi Kia, transmisi dual-clutch 7-speed (DCT) ini memberikan keuntungan berkat perpindahan gigi lebih cepat dari transmisi lawas. Kelebihan lain dari transmisi dual-clutch 7-speed (DCT) adalah biaya perawatan yang lebih rendah.

Lebih dari ini, para pesaing Kia tampaknya harus waspada, soalnya transmisi DCT ini juga menawarkan emisi lebih rendah dan konsumsi BBM lebih hemat saat digunakan dalam mode manual.

Transmisi anyar Kia tersebut dikembangkan di pusat R&D Namyang, Korea. Proses pengembangnya sangat ketat sehingga tidak hanya menurunkan konsumsi BBM tapi juga meningkatkan nilai sporty ketika menggunakan model manual dan cukup kenyamanan, lincah ketika menggunakan mode otomatis.

Insiyur Kia menargetkan, 3-5 persen peningkatan akselerasi (mulai 0-100 km/jam), dan 5-7 persen lebih efisien (tergantung pada model). Mengurangi kebisingan dan getaran juga menjadi faktor utama para insiyur Kia. Nantinya transmisi ini akan tersemat di setiap model Kia. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual