QJ Motor R250 Tantang Ninja ZX-25R, CBR250RR dan R25

Berita Otomotif

QJ Motor R250 Tantang Ninja ZX-25R, CBR250RR dan R25

JAKARTA – QiangJiang Motor (QJ Motor) baru saja merilis motor sport kelas 250 cc dengan perawakan yang sporti layaknya sebuah moge.

Pasar motor 250 cc tampaknya mulai bergairah lagi. Setidaknya setelah hadirnya Kawasaki Ninja ZX-25R yang menggunakan mesin 4-silinder, konsumen kembali bergairah pada motor sport. Tren motor sport low-entry (150 cc – 250 cc) kembali bergairah, meskipun tidak terlalu tinggi minatnya.

Di China sendiri, pangsa pasar motor sport mulai terlihat bergairah. Hal ini terlihat dari bermunculannya model-model baru dari motor sport di sana. Salah satunya adalah produk QJ Motor yakni R250 yang diperkenalkan pertama kali di Beijing Motor Show 2021.

Pada pameran tersebut manufaktur asal Tiongkok ini memamerkan motor sport full fairing dengan tampilan yang sangar bak sebuah moge (motor gede). Kuda besi asal negeri Tirai Bambu ini digadang akan menjadi pilihan baru konsumen dari merek-merek Jepang yang telah familiar.

Sekadar informasi, QJ Motor sendiri merupakan sebuah manufaktur yang merupakan induk dari produsen sepeda motor bernama Benelli. Maka dari itu, tidaklah heran jika pada suatu saat nanti R250 ini akan bernama Benelli.

QJ R250 memiliki desain fairing yang menampilkan bentuk lampu sipit seperti motor-motor modern saat ini. Pada bagian tengah yang diapit lampu terdapat lubang udara yang biasa disebut air scoop.
QJ Motor R250

Sementara di atasnya terdapat windshield mungil transparan. Mengarahkan mata ke samping, terlihat bahwa motor ini memiliki desain serba runcing yang kian menguatkan kesan sporti.

Lalu tampilan agresif dari motor semakin kuat berkat kaki-kaki yang kokoh bak sebuah moge.

Suspensi depannya menggunakan model USD (Upside Down) dan bagian belakangnya menganut model monoarm seperti Ducati Desmosedici. Bentuk velgnya tidak terlalu rumit bahkan cenderung memberikan kesan elegan yang terlihat sedikit tidak nyambung dengan keseluruhan konsep.

QJ Race 250 dibekali dengan mesin 249 cc DOHC satu-silinder. Tenaga puncak yang mampu dihasilkan motor ini diklaim mencapai 27.1 hp pada 9.500 rpm. Sementara torsi maksimalnya sebesar 22.5 Nm pada 7.250 rpm.

Di atas kertas performa motor ini memang tidak sepadan dengan trio Jepang seperti Ninja ZX-25R, CBR250RR dan R25. Kuda besi asal China ini paling tidak akan sepadan dengan Ninja RR-Mono dan KTM RC200, karena sama-sama 1-silinder. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar