Peugeot Incar Kenaikan Penjualan 2 Kali Lipat pada 2020 Lewat Model Baru

Berita Otomotif

Peugeot Incar Kenaikan Penjualan 2 Kali Lipat pada 2020 Lewat Model Baru

JAKARTA – Peugeot menargetkan kenaikan penjualan di atas 100 persen pada 2020 berbekal model baru yang masih dirahasiakan.

Fredy Jeo, Head of Sales PT. Astra International – Peugeot Sales Operation (AI – PSO), mengungkapkan pada tahun depan pihaknya mengincar kenaikan penjualan yang cukup tajam. Mereka percaya bisa menjual dua kali lipat lebih banyak daripada tahun ini.

“Tahun depan target kami akan naik signifikan. Bermain di angka 300-an unit. Cukup tinggi (pelonjakannya),” ucap dia dalam wawancara di Menara Astra, Jakarta pada awal pekan ini.

Sebagai informasi, pada 2018 Peugeot yakin mampu finis di angka penjualan minimal 125 – 130 unit berbekal dua sport utility vehicle (SUV), 3008 plus 5008, lebih sedikit dari perkiraan awal 150 unit. Tapi pasar mobil nasional pada penghujung tahun ini memang diprediksi melambat. Proyeksi penjualan mobil Indonesia 1,1 juta unit akhirnya direvisi menjadi 1 juta unit.

Jika target Peugeot pada 2020 tercapai, ada pertumbuhan 130 – 140 persen.

Menurut Fredy, senjata utama mereka untuk melipatgandakan penjualan adalah sebuah model baru. Sayangnya, dia tidak mau memberikan satu petunjuk pun mengenai model tersebut.

Fredy menerangkan pada 2020 Peugeot bakal pula kembali mengikuti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Serpong, Tangerang. Merek asal Prancis ini sendiri sudah cukup lama absen dari pameran otomotif nasional.

“Untuk tahun depan kami sudah menyiapkan beberapa strategi yang belum bisa kami informasikan saat ini. Tapi, dengan optimisme kami menetapkan target seperti itu, artinya kami sudah ada persiapan yang sangat-sangat matang,” pungkasnya.

Sekadar mengingatkan, Peugeot cukup lama ‘tertidur’ di pasar otomotif nasional. Ini membuat penjualan mereka pada 2016 dan 2017 berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tak sampai 50 unit.

Pada 2018 mereka mulai mencoba bangun dari tidur dengan melakukan penataan ulang produk. Pada tahun itu, 3008 meluncur dan menjadi satu-satunya model yang mereka jual secara massal di Tanah Air.

Pada 2019 Peugeot merombak manajemen. Mereka pun meluncurkan SUV 5008 yang sudah dijual secara terbatas setahun sebelumnya. Mereka telah mengatakan rencana merilis minimal satu model baru, termasuk di antaranya sedan serta city car.

Peugeot sekarang memiliki 5 dealer di Sunter, Serpong, Cilandak, Solo, Surabaya. Pekerjaan rumah mereka di awal kebangkitan adalah meningkatkan awareness masyarakat dan menata tampilan serta kualitas layanan penjualan dan purnajual menjadi lebih premium.

Ini terkait dengan pergeseran target konsumen mereka. Peugeot sekarang mengincar segmen yang kosong antara model-model mahal di merek Jepang dengan merek-merek mobil premium Eropa seperti BMW dan Mercedes-Benz. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support