Puncak Arus Mudik Natal dan Tahun Baru 22 Desember serta 28 Desember

Panduan Pembeli

Puncak Arus Mudik Natal dan Tahun Baru 22 Desember serta 28 Desember

JAKARTA – Kepolisian bersiap-siap mengatur keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas perayaan Natal 2018 serta tahun baru 2019 dan sudah memprediksi puncak arus mudik pada dua momen yang kerap dijadikan kesempatan untuk cuti plus libur panjang ini.

Irjen Pol. Refdi Andri, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Kepolisian Republik Indonesia, memperkirakan puncak arus mudik Natal akan jatuh pada 22 Desember. Sementara itu, puncak arus mudik tahun baru diproyeksikan bakal terjadi pada 28 Desember.

Puncak arus balik Natal sendiri kemungkinan besar 25 Desember. Adapun puncak arus balik tahun baru ialah 1 Januari 2019.

Kakorlantas sendiri sudah meninjau ruas Jalan Tol Trans Jawa-Surabaya pada Senin (17/12/2018) bersama tim terpadu. Kemudian, dalam gelaran pertemuan bersama manajemen PT. Jasa Marga di kantor Gerbang Tol Cikarut, Kakorlantas didampingi jajarannya membahas kesiapan ruas tol Jakarta – Cikampek dalam menghadapi arus mudik plus arus balik Natal serta tahun baru. Dirjen Bina Marga, Dir Ops Jasa Raharja, Dirjen Hubdat, turut serta dalam rombongan mendampingi Kakorlantas.

“Untuk prediksi kondisi traffic sendiri relatif lebih kecil atau di bawah daripada arus mudik lebaran. Diperkirakan hanya mencapai 88.000 kendaraan baik saat puncak arus mudik natal maupun tahun baru serta arus balik diprediksi hanya mencapai 92.000 kendaraan,” ujar Refdi, seperti dikutip dari situs resmi NTMC Polri.

Kepolisian juga memastikan kondisi pekerjaan proyek Light Rapid Transportation, Elevated KOC agar kelak tidak mengganggu kelancaran arus kendaraan.Aktivitas proyek rencananya dihentikan sementara terhitung pada 19 – 22 Desember, juga pada 25, 28, 29 Desember dan 1 Januari 2019.

“Strategi pengamanan Nataru ‘Natal dan Tahun Baru’ sudah dipersiapkan dengan baik. Dengan mendistribusikan beban lalu lintas, optimalisasi kapasitas lajur, optimalisasi kapasitas gerbang tol, hingga pemberlakukan rekayasa lalu lintas Contraflow secara situasional,” tambah Refdi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support