Puncak Arus Balik Natal 2019, 338 Ribu Mobil Diprediksi Balik ke Jakarta

Berita Otomotif

Puncak Arus Balik Natal 2019, 338 Ribu Mobil Diprediksi Balik ke Jakarta

JAKARTA – Lebih dari 330 ribu kendaraan diperkirakan akan mengarah kembali ke Jakarta selama puncak arus balik libur Natal 2019 yang berlangsung selama dua hari.

Dwimawan Heru, Corporate Communication and Community Development Group Head PT. Jasa Marga, memprediksi volume kendaraan di puncak arus balik libur Natal yang melewati ruas jalan tol tahun ini mencapai 338 ribu unit. Adapun titik tertinggi arus balik bakal berlangsung pada Rabu (25/12/2016) plus Kamis (26/12/2019).

Sekadar informasi, pemerintah menetapkan cuti bersama pada 24 Desember, atau sehari sebelum perayaan besar umat Kristiani tersebut. Akan tetapi, cuti bersama tidak diberikan pada 26 – 27 Desember yang notabene masih merupakan hari kerja.

Jasa Marga sendiri memperkirakan kenaikan jumlah kendaraan pada puncak arus balik libur Natal 2019, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pada 2018, volumenya ‘hanya’ 234 ribu unit.

“Jumlah ini meningkat sekitar 43% dari lalu lintas harian normal sebanyak 234 ribu kendaraan,” kata Heru, seperti dikutip dari laman daring NTMC Polri.

Cikampek, Kalihurip Utama, Cikupa dan Ciawi
Jasa Marga, lanjut Heru, memprediksi mobil-mobil yang pulang bertamasya dari arah timur akan melalui Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurup Utama. Sementara itu, mereka yang melaju dari arah barat nantinya melalui Gerbang Tol Cikupa.

Masih ada lagi arus dari arah Selatan. Mereka akan menggunakan Gerbang Tol Ciawi.

Heru menjelaskan lalu lintas tertinggi diprediksi dari arah timur yang kembali ke Jakarta melalui GT Cikampek Utama. Jumlahnya diproyeksikan menyentuh 98 ribu kendaraan.

“Angka itu naik 97% dari lalu lintas harian normal sebanyak 50 ribu kendaraan,” ungkapnya.

Sejauh ini Jasa Marga telah mempersiapkan beberapa langkah antisipasi peningkatan volume kendaraan pada arus balik Natal 2019. Salah langkahnya penambahan kapasitas transaksi di gerbang tol (GT) dengan menambah unit mobile reader dan khusus Jalan Tol Japek Elevated (Tol Layang Cikampek). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar