PSBB Proporsional Diberlakukan di Bandung, Sejumlah Jalan Ditutup

Berita Otomotif

PSBB Proporsional Diberlakukan di Bandung, Sejumlah Jalan Ditutup

BANDUNG – Meningkatnya jumlah kasus positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menjadikan Pemerintah Kota Bandung menerapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proposional dan menutup sejumlah ruas jalan.

Oded M Danial, Wali Kota Bandung menyatakan bahwa hingga kini pihaknya masih melakukan kajian jalan mana saja yang akan ditutup. Namun, Jalan Dipatiukur sudah dipastikan akan ditutup untuk menghindarinya terjadinya kerumunan.

“Akan dilaksanakan penutupan jalan yang menimbulkan potensi keramaian. Mudah-mudahan kalau ditutup jalannya, pengunjungnya berkurang,” tegasnya beberapa waktu lalu.

Sayangnya, Ia belum menjelaskan apakah penutupan tersebut akan terus dilakukan selama 24 jam atau tidak. Ia hanya menegaskan bahwa penutupan jalan masih dalam pembahasan agar segala keputusan bisa efektif.

Kota Bandung menjadi zona merah Covid-19 dengan semakin meningkatnya jumlah kasus positif di wilayah tersebut. Meningkatnya jumlah penderita Covid-19 di wilayah tersebut diperkirakan karena tingginya mobilitas masyarakat saat libur panjang di bulan Oktober lalu.

PSBB Proporsional
Dalam PSBB Proporsional, maka ada beberapa aturan untuk membatasi kerumunan. Aktivitas di pusat perbelanjaan hingga tempat ibadah yang sebelumnya boleh diisi hingga 50% dikurangi menjadi hanya 30% dari kapasitas maksimal. Demikian juga waktu operasional hanya diperbolehkan hingga pukul 20.00 WIB.

Guna menghindari terjadinya peningkatan yang lebih besar, Oded telah menandatangani penerapan PSBB Proporsional sejak 3 Desember 2020. PSBB Proporsional tersebut berlaku 14 hari sejak penandatanganan keputusan.

Saat berita ini dibuat, jumlah kasus positif Covid-19 di Jawa Barat sudah mencapai 57.885 atau meningkat sebanyak 1086 kasus dibandingkan Jumat, 4 Desember 2020. Dari jumlah tersebut, 9.464 orang dirawat di Rumah Sakit, 47.466 orang sembuh dan 955 orang meninggal dunia.

Secara nasional, jumlah kasus postif Covid-19 meningkat 6.027 orang sehingga total sudah ada 569 orang terkonfirmasi postif Covid-19. Dari jumlah tersebut, 470.449 orang dinyatakan sembuh sementara 17.589 orang meninggal dunia.

DKI masih menjadi wilayah dengan kasus terbesar di Indonesia dengan jumlah kasus mencapai 141.270. Jawa Timur di posisi kedua dengan jumlah 63.901 orang, Jawa Tengah 59.228 orang, Jawa Barat 56.799 orang dan Sulawesi Selatan sebanyak 21.237 orang. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar