Progres Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021

Berita Otomotif

Progres Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021

LOMBOK – Sirkuit jalan raya Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat terus dikebut pengerjaannya.

Kabar terbaru ini didapatkan dari unggahan video Youtube milik Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Pada video tersebut, mereka menunjukkan proses pembangunan sirkuit yang terus dilakukan di tengah pendemi.

Video berdurasi hampir empat menit tersebut memperlihatkan kondisi sirkuit terkini melalui drone. Terlihat bahwa beberapa tunnel masih belum rampung dikerjakan, beberapa lintasan sirkuit juga masih belum tersambung. Lalu masih adapula perumahan warga di sekitar sirkuit.

Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat ini memiliki panjang lintasan secara keseluruhan 4.31 kilometer. Sementara lintasan balapnya memiliki 17 tikungan dan dikatakan sirkuit ini merupakan hasil rancangan desainer khusus yang kenamaan.

MGPA hingga saat ini terus mengerjakan proses pembangunan sirkuit, meskipun status mereka di MotoGP masih cadangan. Indonesia masih belum dipastikan menjadi tuan rumah MotoGP 2021, bersama sirkuit Algarve (Portugal) dan Igora Drive (Rusia). Ketiga cadangan ini baru bisa masuk ketika ada sirkuit penyelenggara yang batal ikut serta.
Mandalika MotoGP 2021
Seperti diketahui sebelumnya, Mandalika memiliki target dari Dorna untuk bisa menyelesaikan proses pengerjaan sirkuit pada Juni 2021. Jika sirkuit sudah selesai pada bulan tersebut, maka Dorna baru akan melakukan homologasi dan menilai kelayakan sirkuit tersebut.

Pihak MGPA mengatakan bahwa proses pengerjaan dan penyelesaian sirkuit ini sempat tertunda karena adanya pandemi covid pada awal 2020. Proyek ini sempat mandek hingga 2 bulan. Namun kini mereka telah melakukan segala upaya untuk bisa menyelesaikan sirkuit sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan.

Selain MotoGP, Mandalika juga dikatakan akan menggelar balapan World Superbike 2021. Sesuai dengan jadwal yang dirilis pada November 2020, sirkuit jalan raya Mandalika akan menjadi tuan rumah pada seri 11 dari total 13 seri. Balapan sendiri akan dihelat pada 12- 14 November 2021.

[Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar