Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Produsen Sepeda Asal Denmark Perkenalkan Mobil Pertama Mereka

Berita Otomotif

Produsen Sepeda Asal Denmark Perkenalkan Mobil Pertama Mereka

SHANGHAI – Produsen sepeda asal Demnark, Biomega, memperkenalkan mobil pertama mereka yang masih berbentuk purwarupa.

Mobil listrik konsep bernama SIN, seperti diwartakan Carscoops baru-baru ini, menjadi langkah pertama Biomega sebelum meluncurkan versi produksinya. Korporasi yang bermarkas di Copenhagen itu menargetkan mobil tersebut sudah dapat dipasarkan antara 2021 hingga 2023. Rencananya, mobil listrik Biomega dijual sekitar 20 ribu euro (Rp 333,58 juta).

SIN sendiri diintroduksi di Shanghai. Namanya diambil dari singkatan negara-kota Singapura.

SIN melanjutkan tradisi Biomega yang selalu memakai tiga huruf sebagai nama semua sepeda mereka. Nama itu juga selalu diambil dari singkatan sebuah kota yang menginspirasi produk tersebut.

SIN, menurut penjelasan resmi perusahaan, dibuat sebagai pengangkut orang dan barang. Mobil berpenampilan unik ini dirancang untuk memindahkan penumpang atau pun kargo dari satu tempat ke tempat lain seefisien mungkin, baik dari sisi waktu, uang, tenaga.

Filosofi tersebut diejawantahkan melalui desain serta penggunaan material maupun komponen yang minimalis dan ringan. Rangka bodinya dibuat dari Carbon Fibre Reinforcement Plastic (CFRP) plus crossbeam alumunium. Bobot totalnya saja hanya 950 kg.

SIN mempunyai empat motor listrik independen yang mendapat suplai energi dari baterai 20 kWh di bawah lantai. Baterainya juga dapat diganti (swap) demi memudahkan perjalanan.

Jarak tempuh SIN mencapai 160 km dalam kondisi baterai terisi penuh. Gelontoran daya mencapai 81hp dengan torsi 160 Nm yang bisa digapai secara instan. Akselerasi 0 – 100 km/jam dicapai dalam 13 detik dengan kecepatan puncak 80 km/jam.

SIN berkapasitas empat penumpang dengan ruang kaki lega. Keunikan lain darinya adalah kaca pada fascia depan untuk menambah visibilitas.

Produsen sepeda yang beralih menjadi perakit kendaraan bermotor bukan hal baru di sejarah industri otomotif. Beberapa nama sebelum Biomega yang dapat disebut adalah Opel, Peugeot, Skoda. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang