Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Produksi, Penjualan Mercedes-Benz di Indonesia Kini Ditangani Indomobil

Berita Otomotif

Produksi, Penjualan Mercedes-Benz di Indonesia Kini Ditangani Indomobil

JAKARTA – Seluruh bisnis Mercedes-Benz di Indonesia resmi berpindah tangan ke PT. Indomobil Sukses Internasional (Indomobil Group) serta Inchcape plc.

Indomobil Group dan Inchcape, menurut keterangan resmi pada Jumat (31/3/2023), bersama-sama mengambil alih 100 persen saham PT. Mercedes-Benz Indonesia (MBI) plus PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI).

MBI merupakan produsen kendaraan penumpang Mercedes-Benz di negeri ini dan memiliki pabrik di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Adapun MBDI adalah korporasi yang menangani distribusi maupun penjualannya.

Indomobil Group menguasai 30 persen saham, sedangkan Inchcape punya 70 persennya. Sebelumnya, kepemilikan MBI maupun MBDI dimiliki oleh Mercedes-Benz AG sebagai prinsipal di Jerman.

mobil listrik Mercedes-Benz EQ

Head of Overseas Mercedes-Benz Cars Matthias Lührs mengatakan keputusan restrukturisasi bisnis itu bertujuan untuk menguatkan posisi dan berkembang di pasar Indonesia. Pemilik baru MBI dan MBDI mereka sebut sebagai rekanan berskala internasional.

“Seluruh kepegawaian akan tetap berjalan sebagaimana adanya saat ini dan pelanggan kami akan terus dilayani. Kami percaya dengan potensi yang sangat besar di pasar Indonesia dan maka dari itu kami senang dapat bekerja sama dengan rekanan yang dapat diandalkan untuk  kelanjutan bisnis kami,” ujar dia.

Indomobil Group sendiri merupakan kelompok usaha otomotif terpadu asal Tanah Air yang telah menjadi perusahaan terbuka (Tbk). Mereka sebelumnya sudah membawahi bisnis Suzuki, Kia, Jaguar Land Rover, Audi, Volkswagen, dan Hino di negeri ini.

Inchcape, di sisi lain, merupakan perusahaan distributor otomotif yang berpusat di London, Inggris. Mereka sudah beroperasi di enam benua.

Mercedes-Benz S-Class

Lebih lanjut, produksi pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang diklaim bakal berjalan seperti biasa tanpa gangguan. Seluruh karyawan akan tetap bekerja dan diberi kesempatan bekerja di MBI serta MBDI.

Semua kebijakan terkait kepegawaian bakal tetap sama di bawah pemilik baru.

Mercedes-Benz AG pun bakal mendirikan sebuah perusahaan anyar yang mereka miliki 100 persen untuk mendukung dan mengarahkan pemilik baru.

Inchcape’s APAC CEO Ruslan Kinebas mengaku sangat senang bisa melebarkan sayap di Indonesia lewat akuisisi Mercedes-Benz bersama Indomobil.

“Dengan Indomobil, kami telah memiliki kerja sama distribusi kuat di Indonesia. Kami menantikan pengembangan lebih dari bisnis Mercedes-Benz dengan menggabungkan pengetahuan lokal dan kapabilitas digital serta data kami,” tukas Kinebas.

Direktur Utama Indomobil Group Jusak Kertowidjojo menilai keterlibatan mereka sebagai entitas lokal dapat membuat Mercedes-Benz terus bertumbuh di Indonesia, sekaligus mendukung pemerintah Indonesia mengembangkan industri otomotif ke depannya. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang