Pria Ajak Ribut Polisi Saat Ditilang Minta Maaf, Proses Hukum Tetap Jalan

Berita Otomotif

Pria Ajak Ribut Polisi Saat Ditilang Minta Maaf, Proses Hukum Tetap Jalan

JAKARTA – Tohap Silaban, pria yang mengajak berkelahi polisi lalu lintas yang menilangnya, menyatakan permintaan maaf. Kepolisian sendiri tetap melanjutkan proses hukumnya.

Seperti diketahui, video lelaki yang menantang polisi saat sedang ditilang menjadi viral di media sosial sejak Jumat (7/2/2020). Video ini terbukti benar dan orang bernama Tohap Silaban tersebut ditangkap hanya sehari setelah video beredar secara luas.

Tohap di dalam konferensi pers pada akhir pekan lalu menyampaikan permintaan maaf kepada anggota Patroli Jalan Raya (PJR) yang ia tantang. Ia menyesali perbuatannya.

Permohonan maaf Tohap tidak menghentikan kasus ini. Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat Komisaris Polisi Teuku Arsya Khadafi menjelaskan proses hukum masih berjalan.

“Untuk saat ini, kasus masih berjalan,” ucap Arsya seperti dikutip dari situs resmi NTMC Polri pada Senin (10/2/2020).

Tohap, menurutnya, telah menjalani tes urine yang hasilnya adalah negatif alkohol maupun narkoba. Atas dasar ini, Tohap dianggap melawan aparat hukum secara sadar.

“Cek urine negatif. Saat itu yang bersangkutan tidak dalam pengaruh apa pun,” terang Arsya.

Polisi sampai detik ini masih menyelidiki kasus Tohap. Dalam waktu bersamaan, berkat perkara terkait kasus perlawanan terhadap petugas disusun.

Kasus yang menimpa Tolap ini bermula ketika dua anggota PJR Polda Metro Jaya, Brigadir Eko Budiarto dan Bripka Rudi Rustam, melakukan patroli di Tol Angke arah timur. Polisi melihat banyak kendaraan yang berhenti di bahu tol, menunggu ganjil-genap berakhir.

Polisi mengimbau pengendara itu agar berjalan dan tidak berhenti di bahu jalan. Para pengendara mobil pergi, akan tetap mobil yang dikemudikan Tohap tetap bertahan.

Polisi pun turun dan menanyakan surat-surat kendaraannya serta mengingatkan Tohap agar tidak berhenti di bahu jalan tol kecuali dalam keadaan darurat. Saat hendak ditilang, Tohap emosi dan mendorong Bripka Rusdy. Dia juga mencekik dan menantang duel Bripka Rusdy.

Kasus ini kemudian dilaporkan ke Polsek Tanjung Duren. Polsek Tanjung Duren dan Polres Jakarta Barat kemudian menangkapnya.

“Emosi karena akan ditilang, padahal yang bersangkutan menunggu di tol untuk menghindari ditilang ganjil-genap,” ujar Arsya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support