Presiden Resmikan 7 Ruas Tol Trans Jawa

Berita Otomotif

Presiden Resmikan 7 Ruas Tol Trans Jawa

SURABAYA – Presiden Joko Widodo hari ini (20/12), meresmikan tujuh ruas tol Trans Jawa. Diharapkan dengan selesainya pembangunan jalan ini akses masyarakat akan menjadi lebih mudah dan biaya logistik akan lebih murah.

Jalan tol ini juga diklaim sudah siap untuk digunakan saat libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 mendatang. Panjang ruas tol yang diresmikan ini mencapai 201 km dan merupakan bagian dari tol Trans Jawa. Dengan peresmian tersebut maka jalan tol Merak hingga Surabaya sudah tersambung dan telah mencapai jarak hingga 870 km.

Tol Merak sendiri sudah rampung sejak tahun 1984, Tol Surabaya-Porong tahun 1986 dan tol ­Jakarta-Cikampek di tahun 1988. Pembangunan Tol Trans Jawa pun kemudian mangkrak hingga di tahun 1998 jalan tol Palimanan-Kanci dan jalan tol Semarang diresmikan.

Pada tahun 2010, Pemerintah kembali meresmikan tol Kanci-Pejagan yang mencapai 35 km. Kemudian di tahun 2015 akhirnya Pemerintah selesai membangun tol Cikopo-Palimanan tahun 2015 dan menjadi salah satu tol terpanjang di Indonesia dengan jarak mencapai 116 km. Pembangunan pun terus dikebut.

Di tahun 2017, Pemerintah kembali meresmikan Jalan Tol Mojokerto –Kertosono sejauh 40 km dan Surabaya – Mojokerto sejauh 36 km.  Kemudian, di tahun 2018 Pemerintah kembali menyelesaikan  tujuh ruas tol sehingga Merak dan Surabaya terhubung.

Tol Trans Jawa sendiri masih menyisakan ruas Surabaya-Banyuwangi dan tol Jakarta-Cikampek Elevated yang masih belum rampung. Pembangunan jalan tol kemudian akan berpindah fokus ke pembangunan jalan tol Trans-Sumatera yang memiliki jarak hingga 2.000 km. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar