Premi Asuransi Ternyata Bisa Ditarik

Panduan Pembeli

Premi Asuransi Ternyata Bisa Ditarik

JAKARTA – Ingin menjual mobil namun merasa sayang karena sudah membayar asuransi? Jangan merasa rugi bos. Karena tenyata premi yang sudah dibayarkan bisa ditarik kembali sesuai dengan perhitungan tertentu.

Hal ini disampaikan oleh M. Bangun Pambudi, Manager Survey dan Garda Siaga Asuransi Astra di sela-sela workshop asuransi bersama Forum Wartawan Otomotif.

“Bisa (ditarik kembali), namun ada perhitungannya. Bila belum pernah klaim maka akan lebih mudah perhitungan dan penarikan kembali. Perhitungannya adalah jumlah premi awal, dikurangi biaya administrasi dan biaya bulan yang sudah terlewati (prorata),” ucapnya.

Namun bila si pemilik mobil sudah pernah melakukan klaim, maka perhitungan akan berbeda karena pihak asuransi akan menghitung biaya perbaikan yang sudah dilakukan.

“Jadi misal pemilik mobil memiliki sebuah mobil dan membeli asuransi untuk 12 bulan. Lalu di bulan ketiga orang tersebut menjual mobil dan menarik asuransi. Maka uang yang dikembalikan hanyalah uang di bulan keempat hinga ke-12 setelah dipotong biaya administrasi. Namun bila dalam 3 bulan tersebut dia sudah melakukan klaim, maka uang yang dikembalikan akan dikurangi dengan biaya perbaikan mobil,” tambahnya.

Hal tersebut pun juga dijelaskan pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia Pasal 27 Ayat 2 yaitu ‘Apabila terjadi pengentian pertanggungan sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) di atas, premi akan dikembalikan secara prorate untuk jangka waktu pertanggungan yang belum dijalani, setelah dikurangi biaya akuisisi Penanggung. Namun demikian, dalam hal penghentian pertanggungan dilakukan oleh Tertanggung dan selama jangka waktu pertanggungan yang telah dijalani, telah terjadi klaim yang jumlahnya melebihi jumlah premi yang tercantum dalam Ikhtisar pertanggungan, maka Tertanggung tidak berhak atas pengembalian premi untuk jangka waktu pertanggungan yang belum dijalani.’ [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual