PPKM Level 4, Mobil Mewah Bekas Masih Dilirik untuk Hobi

Berita Otomotif

PPKM Level 4, Mobil Mewah Bekas Masih Dilirik untuk Hobi

JAKARTA – Di masa PPKM Level 4 penjualan mobil mewah bekas mengalami pergeseran meskipun tidak seperti masa awal pandemi di Indonesia pada April 2020.

Pandemi yang berkepanjangan hingga saat ini membuat banyak orang kesulitan menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Dari segi bisnis sendiri, kondisinya terus mengalami kemerosotan walaupun sempat bergerak positif pada awal 2021.

Baru-baru ini Pemerintah memberlakukan PPKM Darurat hingga berganti menjadi PPKM Level 4 dan berlaku hingga hari ini, 25 Juli 2021. Situasi ini tentunya semakin memberatkan para pelaku usaha di berbagai bidang tidak terkecuali sektor otomotif.

Banyak orang yang menahan pembelian karena untuk dialokasikan ke kebutuhan pokok sehingga daya beli masyarakat juga ikut menurun akibat pandemi.

Lalu banyak beredar kabar orang-orang kaya yang menjual mobil mewahnya karena untuk memenuhi kebutuhannya. Untuk membuktikannya, beberapa diler mobil bekas premium rekanan Mobil123.com menjelaskan situasi yang terjadi saat ini.
Diler mobil bekas premium Autohigh

“Di masa PPKM Darurat ini orang yang jual mobil mewah cenderung sedikit, kondisinya berbeda dengan awal pandemi yang mengakibatkan masyarakat panik. Saat ini kalau ada yang menjual memang sudah direncanakan sebelumnya,” ucap Erwin, pemilik diler AutoHigh di kawasan Jakarta Selatan.

Senada dengan Erwin, Deska Aprilia dari diler Auto World BMS menyatakan orang kaya yang menjual mobil mewahnya tidak sebanyak ditetapkannya status pandemi. Namun kondisi PPKM Level 4 diakui memberikan perbedaan.

Erwin juga mengatakan bahwa mobil mewah bekas yang saat ini cukup digemari lebih ke arah hobi. Sementara pembeliannya sendiri cukup banyak yang memilih jalur kredit.

“Kredit mobil bekas premium juga cukup banyak mungkin dengan pertimbangan mengatur cash flow calon konsumen masing-masing. Untuk tenor paling banyak 3 tahun,” jelas Erwin kemudian.
Land Cruiser bekas

Lalu mobil mewah bekas yang paling favorit di pasaran keduanya sepakat SUV mulai mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat. Mobil dengan daya jelajah dan kemampuan lebih ini semakin diminati konsumen.

“Mobil bekas premium paling laku saat ini Toyota Alphard dan Vellfire. Tapi di luar itu SUV juga semakin banyak peminatnya seperti BMW X1 dan Lexus juga sangat dominan,” tutur Erwin kemudian.

Pasar mobil bekas saat ini memang tengah lesu karena menurunnya daya beli masyarakat dan beberapa yang menahan pembelian. Namun saat ini kondisinya tetap lebih stabil dibandingkan pada awal pandemi. [Dew/Had]

 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar