Posko dan Bengkel Siaga Lebaran Penting untuk Pertahankan Konsumen

Berita Otomotif

Posko dan Bengkel Siaga Lebaran Penting untuk Pertahankan Konsumen

JAKARTA – Program posko dan bengkel siaga yang dibuat oleh pabrikan-pabrikan otomotif ternyata berperan amat penting untuk membuat konsumen tetap membeli mobil merek yang sama di masa depan.

Hari Raya Idul Fitri 2018 akan terjadi pada pertengahan Juni nanti. Sejak awal Mei, para pabrikan sudah mengumumkan program posko siaga, bengkel siaga, maupun aplikasi smartphone untuk mengawal tradisi mudik Lebaran.

Menurut Agen Pemegeng Merek (APM), program-program semacam ini adalah bagian dari strategi retensi konsumen di aspek purnajual, demi menimbulkan rasa aman dan kepuasan konsumen. Kedua hal ini nantinya berdampak pada keputusan konsumen ketika mengganti atau menambah mobil.

“Program mudik Lebaran ini penting. Ada beberapa alasan. Pertama, customer educational level makin lama makin naik. Kedua, kalau kita lihat, ke depannya proporsi first buyer akan turun dan yang ada nantinya additional serta replacement buyer. Dalam sebuah proses penjualan, faktor dominan yang menentukan keputusan adalah preferensi konsumen. Karena itu, dari aspek bisnis, memelihara konsumen sangat penting karena mereka akan mengganti atau menambah mobil dan saat itu ada preferensi,” papar Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Sahputra, belum lama ini di Jakarta.

Menurut dia, setiap tahun, jumlah additional maupun replacement buyer di pasar otomotif Indonesia secara umum meningkat 2 – 3 persen, tergantung segmen kendaraannya. Di saat bersamaan, jumlah pembeli mobil pertama turun dengan persentase sama.

“First buyer terus turun, sedangkan additional maupun replacement buyer terus naik. Mungkin perbandingannya nanti bisa stabil lagi saat terjadi bonus demografi di Indonesia pada 2020 – 2025,” ungkap Donny.

Studi internal Suzuki sendiri menunjukkan bahwa program posko dan bengkel siaga bisa mempertahankan konsumen di atas 50 persen. Karena itu, program semacam ini tidak bisa dianggap enteng bagi produsen mobil massal.

“Efek event ini cukup signifikan terhadap aktivitas retensi konsumen kami. Walaupun dia enggak masuk ke posko, tapi mereka tahu kami ada buat mereka dan itu sudah menimbulkan peace of mind. Peace of mind kan enggak bisa dibeli. Mungkin yang unduh aplikasi smartphone untuk mudik tahun lalu 3.000-an orang. Tapi, saya yakin yang mudik dan tahu informasi berkaitan program Suzuki Peduli Mudik lebih dari itu, mungkin 5 – 10 kali lipatnya,” tandas Donny. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar