Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Posisi Gigi Mundur Toyota Sienta Berbeda

Panduan Pembeli

Posisi Gigi Mundur Toyota Sienta Berbeda

BANDUNG - Toyota Sienta tersedia dalam transmisi manual 6-speed. Ada yang tidak biasa pada gigi mundur MPV keluaga 7-seater ini.

Umumnya orang-orang Indonesia terbiasa mengendarai mobil dengan gigi mundur di posisi paling kanan bawah, tapi pada mobil ini posisi gigi mundur berada di paling kiri atas.

Pengendara harus dorong tongkat transmisi ke paling kiri lalu tarik tuas dengan jari dan dorong ke atas. Kendati demikian sangat mudah digunakan.

Hirouki Sinouchi selaku Project Manager Toyota Sienta menjelaskan pola transmisi mundur (R/reverse) seperti itu sudah umum digunakan pada mobil-mobil bertransmisi manual 6-speed yang dijual di Eropa. Memang kondisi itu tidak biasa untuk orang-orang Indonesia, namun perlahan kita akan terbiasa menggunakan model transmisi tersebut.

"Memang desain ini terbilang baru untuk orang-orang Indonesia khususnya di segmen MPV. Tapi kami yakin, model transmisi tersebut lebih aman, karena kami menambah 'kunci pengaman' guna tongkat transmisi tidak mudah masuk ke posisi R," kata Sinouchi.

Keunikan lain pada Toyota Sienta di Indonesia adalah tongkat transmisi yang berada di lantai, atau tepat sebelah paha pengemudi. Desain ini berbeda dengan Toyota Sienta di Jepang yang tersimpan di dashboard.

Pengubahan posisi ini menjadi pertanyaan, sebab selain menciptakan kesan lega, konsep tongkat transmisi di dashboard juga memberikan keleluasaan bagi penumpang berpindah dari depan ke belakang dan sebaliknya, seperti punya kompetitor.

Menanggapi hal tersebut, Sinouchi cuma tersenyum dan menjelaskan peletakan tongkat transmisi yang berada di bagian lantai sudah disesuaikan dengan kondisi pasar otomotif Indonesia. Desain ini sudah diperhitungkan oleh Toyota mengingat masyarakat Indonesia tak biasa posisi transmisi tersimpan di dashboard. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang