Posisi Berkendara Motor yang Benar

Panduan Pembeli

Posisi Berkendara Motor yang Benar

JAKARTA – Populasi sepedamotor jauh lebih besar dibandingkan mobil. Ironisnya banyak pengendara tidak tahu posisi berkendara yang benar.

Padahal posisi berkendara merupakan faktor penting untuk keselamatan dan memaksimalkan kemampuan mengemudi. Berikut Mobil123 dan Astaga.com menginformasikan beberapa hal penting mengenai cara berkendara motor 

Posisi Duduk
Anda harus memastikan dengan benar posisi duduk yang benar dan senyaman mungkin. Posisi yang benar adalah paha bagian dalam benar-benar menjepit jok motor, karena dengan posisi ini kendaraan akan menjadi lebih stabil saat dikendarai.

Posisi Tangan
Posisi tangan yang benar adalah menekuk sebanyak 135 derajat. Hal ini baik, karena dapat memberikan efek lebih stabil serta meredam guncangan pada bahu saat melewati jalanan rusak.

Pandangan Mata
Saat mengendarai dan berada di atas motor, pandangan tebaik adalah saat Anda dapat melihat jalanan secara luas. Sebaiknya hindari memandang jarak pendek atau bagian depan bawah ban motor.

Penggunaan Rem
Pertama, jari-jari Anda tidak menempel di tuas rem atau kopling. Peganglah selalu setang dengan benar.
Ketika Anda harus mengerem pada kecepatan tinggi gunakan rem depan (di atas 60 kpj). Ketika mengerem pada kecepatan rendah gunakan rem belakang (maksimal 20 kpj). Saat kecepatan sedang (20-40 kpj) pakailah kedua rem. 
Nah, terakhir posisikan duduk agar selalu tegak saat akan melakukan pengereman dan ketika berhenti total kaki kiri harus turun ke aspal lebih dulu.

Letak dan Posisi Kaki
Kebiasaan salah yang sering terjadi adalah kedua kaki kita menjulur atau berada di bawah saat berkendara, padahal hal itu sangat berbahaya. Posisi kaki-kaki harus menjepit ke jok atau tangki bensin..

Semoga tips ini bisa membantu Anda untuk keselamatan di jalan. [Amo/Ikh]

 



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support