Pos Penyekatan Mudik Bertambah Jadi 381 Titik, Ini Lokasinya

Berita Otomotif

Pos Penyekatan Mudik Bertambah Jadi 381 Titik, Ini Lokasinya

JAKARTA – Korlantas Polri resmi menambah titik penyekatan mudik pada Operasi Ketupat 2021.

Jika sebelumnya pos penyekatan hanya mencapai 333 titik, maka kini jumlah pos meningkat menjadi 381 titik penyekatan. Dengan bertambahnya jumlah titik penyekatan maka diharapkan tidak akan ada lagi pelanggaran larangan mudik oleh masyarakat.

“Sudah (dibangun pos), jadi ada 381. Evaluasi jalur alternatif ditambah lagi. Supaya rapat,” terang Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudy Antariksawan.

Titik penyekatan tersebut telah tersebar di jalan arteri sepanjang Palembang hingga Bali. Penambahan titik penyekatan khususnya menyasar jalur alternatif. Penyekatan jalur alternatif dinilai sangat penting karena umum digunakan masyarakat saat mudik.

Pos Penyekatan Mudik

Secara terperinci, 381 lokasi penyekatan arus lalu lintas yang disiapkan Korlantas yaitu, 10 titik di wilayah Kepolisian Daerah Sumatera Selatan. Ada juga 9 titik di wilayah Kepolisian Daerah Lampung, 16 titik di wilayah Kepolisian Daerah Banten, 14 titik di wilayah Kepolisian Daerah Metro Jaya.

Lalu, 158 titik di wilayah Kepolisian Daerah Jawa Barat, 85 titik di wilayah Kepolisian Daerah Jawa Tengah, 74 titik di wilayah Kepolisian Daerah Jawa Timur. Kemudian, 10 titik di wilayah Kepolisian Daerah DI Yogyakarta, dan 5 titik di wilayah Kepolisian Daerah Bali.

Sementara itu, Irjen Istiono menegaskan bahwa setiap kendaraan yang melewati pos penyekatan akan diperiksa kelengkapan dokumen seperti surat ijin keluar masuk wilayah. Selain itu, di lokasi tersebut juga akan dilakukan pemeriksaan hasil tes antigen atau PCR terkait virus corona.

Bila ditemukan calon pemudik tidak dapat menunjukkan kelengkapan dokumen harus putar balik dan tidak bisa melanjutkan tujuan. Ia pun menegaskan bahwa tidak ada hukuman seperti tilang dalam pelanggaran ini.

“Hanya putar balik,” tegasnya kemudian.

Sebelumnya diberitakan bahwa Pemerintah melarang mudik Lebaran 2021 pada 6-17 Mei 2021. Peraturan itu ditetapkan pemerintah lewat Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Covid-19 selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar