Populasi Mobil Listrik Meledak

Berita Otomotif

Populasi Mobil Listrik Meledak

JAKARTA - Mobil listrik dipercaya sebagai mobil masa depan. Namun, di antara ratusan model yang kini telah beredar di jalanan bumi, hanya ada 740.000 mobil listrik yang diketahui terjual.

Diakui, mobil listrik seperti Nissan LEAF, Tesla Model S dan Chevrolet Volt telah memiliki peranan besar terhadap meningkatnya popularitas mobil listrik di dunia.

Sebuah lembaga riset di Jerman, ZSW, menemukan bahwa di seluruh dunia kini kendaraan listrik berjumlah 740.000 unit. Uniknya, setengah dari angka itu merupakan mobil listrik yang diregistrasi pada tahun lalu.

Akibat lonjakan popularitas tersebut, pendapatan para pemasok baterai mobil listrik menggelembung. Tahun lalu US$ 2,17 miliar didapat dan diperkirakan bisa meledak hingga US$ 16,2 miliar pada 2020.

Dari segi popularitas, Nissan LEAF masih menjadi mobil listrik paling populer karena terjual 150.000 unit di seluruh dunia sejak masuk pasar pada 2010. Chevrolet Volt berada di posisi kedua dengan angka 75.000 unit dan Tesla Model S yang telah terjual 50.000 unit. BMW i3 yang merupakan pemain baru telah terjual 15.000 unit.

"Jika momentum tahun terakhir terus berlanjut, jumlah mobil listrik di seluruh dunia akan melebihi satu juta hanya dalam beberapa bulan," kata Werner Tillmetz, kepala ZSW. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support