Polisi Siapkan 2 Skenario Saat Musim Mudik Lebaran

Berita Otomotif

Polisi Siapkan 2 Skenario Saat Musim Mudik Lebaran

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mempersiapkan dua skenario untuk mengawal mudik 2020.

Skenario pertama adalah bila mudik telah diperbolehkan Pemerintah sehingga mereka akan mengawal agar pejalanan pemudik. Skenario kedua, bila mudik masih dilarang karena wabah penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) maka mereka akan melakukan tindakan yang berbeda.

“Kami siap mengamankan dan mendukung kebijakan pemerintah baik melarang atau memperbolehkan mudik,” jelas Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Dirlantas Polda Metro Jaya.

Dirlantas mengaku telah memiliki sejumlah skenario apabila wacana pelarangan tersebut diberlakukan. Beberapa skenario itu antara lain imbauan tidak mudik. Artinya pemerintah berharap masyarakat tetap tinggal di rumah.

Skenario lainnya, warga Jakarta dilarang meninggalkan Jakarta saat musim arus mudik Lebaran karena episentrum COVID-19 berada di wilayah ibu kota sehingga berpotensi menyebarkan wabah ke daerah lain.

“Untuk itu ada skenario bahwa penduduk Jakarta dilarang mudik tapi apapun itu kita masih menunggu keputusan pemerintah,” sambung Dirlantas.

Selain itu, Dirlantas juga menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan pemetaan terkait titik kerawanan selama musim mudik. Lokasi kerawanan di perbatasan jalan arteri, jalan tol, titik pemberangkatan seperti stasiun, pelabuhan, terminal dan bandara.

Meski mempersiapkan diri untuk musim mudik, sejumlah daerah telah melakukan pengetatan untuk orang asing masuk. Salah satunya adalah kota Tegal yang sudah melakukan penutupan sejumlah ruas jalan sehingga kendaraan dari luar kota Tegal harus memutar.

Demikian pula Jawa Timur yang telah menutup sedikitnya 115 jalan guna mengurangi terjadinya interaksi antar warga. Langkah-langkah tersebut diharapkan bisa mengurangi risiko terjadinya penularan Covid-19. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar