Polisi Bantu Penumpang Bus yang Mendadak Ingin Lahiran di Tol Cipularang

Berita Otomotif

Polisi Bantu Penumpang Bus yang Mendadak Ingin Lahiran di Tol Cipularang

JAKARTA – Patroli Polisi kerap menemukan berbagai peristiwa ketika sedang bertugas. Kisah terbaru adalah saat ada ibu hamil penumpang bus yang mendadak ingin melahirkan di area Tol Cipularang.

Dua anggota Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Cipularang yaitu Bripka Budi dan Bripda Dian, menurut laporan situs NTMC Polri, mungkin tak menduga bahwa pada Selasa (21/10/2020) malam mereka akan mendapat laporan mengenai bumil yang ingin melahirkan di tengah tol. Dia mendadak merasa mulas dan ingin melahirkan ketika bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang ditumpanginya melintasi Tol Cipularang pada malam itu.

Bripka Budi dan Bripda Dian sedang berada di KM 108 A, ketika ada bus yang mendatangi mereka. Kondektur bus kemudian turun dan menghampiri mereka.

“Saat anggota kami sedang pantau arus lalu lintas di posko KM 108 A. Datanglah kendaraan bus Budiman jurusan Jakarta – Tasikmalaya. Dan kondekturnya mengatakan ada ibu hamil yang akan melahirkan berada di dalam bus,” papar Ajun Komisaris Polisi (AKP) Stanly Soselisa, Kepala PJR Korlantas Polri Induk Cipularang.

Kedua polisi ini awalnya memanggil mobil ambulans untuk mengantar bumil tersebut ke rumah sakit. Akan tetapi, lokasi ambulans ternyata cukup jauh dari tempat mereka.

Akhirnya, Bripka Budi dan Bripda Dian pun berinisiatif menggunakan kendaraan patroli untuk mengantarkan bumil penumpang bus AKAP itu ke Rumah Sakit Cahya Kawaluyan, Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat.


“Alhamdulillah, ibu tersebut melahirkan dengan selamat dan langsung ditangani di IGD. Bayi lahir pukul 21.18 WIB berjenis kelamin perempuan dengan berat 2,4 kilogram,” imbuh Stanly.

Identitas ibu hamil tersebut bernama Intan Nur Fadilah (20) asal Majalengka sedangkan suaminya yang turut mendampingi bernama Lim (29). Mereka tinggal di Kampung Kebon Jengkol RT 1/2, Desa Buni Asih, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya.

Sebelum ini, ada pula beberapa cerita aksi heroik dari polisi patroli dalam membantu masyarakat di tengah jalan. Misalnya saja pada Maret 2020 lalu, ketika polisi patroli menyelamatkan nyawa pengemudi yang terkena serangan jantung mendadak di Tol Jagorawi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar