Polisi Buka 333 Posko Untuk Hadang Pemudik

Berita Otomotif

Polisi Buka 333 Posko Untuk Hadang Pemudik

JAKARTA – Sebanyak 333 titik posko penyekatan mudik akan dibuka oleh Korlantas Polri di musim mudik 2021 yang diperkirakan akan berlangsung pada akhir bulan Ramadhan.

Hal ini dilakukan setelah adanya kebijakan larangan mudik Lebaran 2021 karena masih dalam masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Posko tersebut akan tersebar di seluruh Indonesia, khususnya di Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah yang merupakan tujuan utama pemudik dari arah Jakarta.

 

“Korlantas Polri telah menyiapkan 333 titik penyekatan baik di jalur arteri maupun jalur tol. Baik menuju Jawa maupun menuju luar Jawa. Sebanyak 333 titik ini terutama dari Jakarta menuju Jawa Barart dan Jatwa Tengah,” terang Irjen Istiono, Kakorlantas Polri.

Ia pun menambahkan bahwa penyekatan tersebut tidak hanya berfokus pada jalan tol namun tersebar merata hingga jalur arteri. Dengan demikian diharapkan larangan mudik 2021 dapat berhasil dengan lebih maksimal.

Mudik

“Yang kita antisipasi jalur tol dan di jalur arteri baik jalur pantura, jalur tengah, jalur selatan hingga Jawa tengah kita telah tetapkan titik-titik penyekatan agar semua tidak bisa melakukan mudik sesuai aturan. Nanti akan ada aturan khusus yang kita siapkan di lapangan,” jelasnya.

Sementara itu Ir. Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari surat keputusan Kementerian Menko PMK tentang larangan mudik. Ia pun menyampaikan bahwa penyekatan tidak hanya akan dilakukan oleh Kepolisian namun dilakukan oleh Dirhen Perhubungan Darat dan lainnya. .

“Di satu sisi kita melakukan law enforcement secara tegas tetapi ada unsur-unsur humanis yang harus dipikirkan,” tegas Menhub Budi Karya.

Sebelumnya diberitakan bahwa akhirnya Pemerintah akan melarang masyarakat untuk melakukan mudik 2021 pada Lebaran nanti. Larangan tersebut dikeluarkan untuk menghindari terjadinya lonjakan kasus Covid-19 yang biasa terjadi saat libur panjang.

Meski demikian beradasarkan survey yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, sebagian masyarakat mengaku masih akan melakukan mudik saat Lebaran 2021 nanti. Jumlahnya diperkirakan akan mencapai jutaan orang sehingga diperlukan beragam langkah khusus untuk mengantispasi hal tersebut. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar