Polda Metro Jaya Tilang Perabas Pintu Perlintasan Kereta

Berita Otomotif

Polda Metro Jaya Tilang Perabas Pintu Perlintasan Kereta

JAKARTA – Banyaknya pengendara yang menerobos perlintasan kereta akhirnya membuat pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) gerah.

Melalui Direktorat lalu Lintas Polda Metro Jaya, penindakan pun dilakukan dan berhasil menjaring 345 pengendara yang menyerobot perlintasan kereta, pada Minggu (13/12). Pelanggaran tersebut dilakukan saat sinyal sirene sudah berbunyi dan palang pintu menutup.

Jumlah pelanggaran terbanyak adalah pengendara motor dengan 331 pengendara dan disusul oleh 6 minibus, 5 mikrolet, taksi dan bajaj.

“Dari penindakan itu kami melakukan tilang 246 SIM dan 99 STNK,” ujar Kasubdit Bin Gakum Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto.

Penindakan ini dilakukan dengan dasar pasal 114 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang bebunyi ‘Pada perlintasan sebidang antara jalur kereta api dan Jalan, Pengemudi Kendaraan wajib: a. berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup, dan/atau ada isyarat lain; b mendahulukan kereta api; dan c memberikan hak utama kepada Kendaraan yang lebih dahulu melintasi rel. 

Sanksinya pun diatur dalam pasal 296 ‘Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor pada perlintasan  antara  kereta api dan jalan yang tidak berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup, dan/atau ada isyarat lain sebagaimana dimaksud dalam Pasal 114 huruf a dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).’ [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support