Polda Metro Jaya Siapkan 8 Pos Penyekatan Mudik Lebaran 2021

Berita Otomotif

Polda Metro Jaya Siapkan 8 Pos Penyekatan Mudik Lebaran 2021

JAKARTA - Ditlantas Polda Metro Jaya telah meyiapkan kebijakan penyekatan untuk mengikuti aturan larangan mudik oleh Pemerintah.

Larangan yang berlaku pada tanggal 6-17 Mei 2021 tersebut membuat Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan penyekatan di delapan titik. Dengan ini diharapkan bisa mencegah masyarakat yang tetap nekat mudik.

“Rencana kita akan melakukan penyekatan dan pemeriksaan terhadap kendaraan penumpang baik mobil, bus, maupun motor yang meninggalkan Jakarta di tanggal tersebut,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Meski sudah menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan penyekatan di delapan titik, jumlah tersebut kemungkinan masih dapat bertambah lagi. Hal ini karena pihaknya hingga saat ini masih terus melakukan survei di beberapa lokasi lain.

Polda Metro Jaya Siapkan 8 Pos Penyekatan Mudik Lebaran 2021

“Sementara ada 8 titik. Tapi nanti kita survei lagi. Ada 2 di tol, 3 di arteri, 3 di terminal. Ini masih disurvei lagi, bisa bertambah,” ujarnya.

Ia pun mengaku bahwa pihaknya kini lebih siap untuk menghadapi larangan mudik karena sudah dilakukan tahun lalu. Pengetatan penjagaan akan dilakukan untuk menghindari masyarakat yang masih nekat melanggar aturan.

“Seperti tahun lalu kita akan periksa semuanya,” imbuh Sambodo.

Berikut ini 8 titik penyekatan yang bakal diterapkan oleh jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya di larangan mudik Lebaran 2021:

Jalan Tol ada 2 lokasi:

  • Tol Arah Cikampek
  • Tol Arah Merak

Jalan Arteri Non Tol ada 3 lokasi:

  • Harapan Indah Bekasi Kota
  • Jati Uwung Tangerang Kota
  • Kedung Waringin Bekasi Kabupaten

Terminal Bus ada 3 lokasi:

  • Pulogebang
  • Kampung Rambutan
  • Kalideres

Untuk diketahui, larangan mudik Lebaran 2021 berlaku pada 6-17 Mei 2021. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan ada lebih dari 300 check point yang akan dibangun untuk menyekat warga yang ingin pergi mudik.

“Dalam pelaksanaannya, kami bersama Korlantas Polri, TNI, Pol PP dan Dinas Perhubungan kabupaten/kota dari tanggal 6 Mei, kami sudah akan memasuki pos check point yang dibangun Polri. Kalau tidak salah, ada 333 pos check point yang akan didirikan kepolisian,” ujar Budi Karya Sumadi beberapa waktu lalu. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar