Pindad Maung Versi Sipil Dijual Pertengahan 2021, Harga Rp 600 Jutaan

Berita Otomotif

Pindad Maung Versi Sipil Dijual Pertengahan 2021, Harga Rp 600 Jutaan

JAKARTA – Maung, kendaraan taktis (rantis) buatan PT. Pindad rencananya akan dibuatkan versi sipilnya dan dijual untuk umum pada 2021. Estimasi harganya di atas setengah miliar rupiah dan mesin yang dipakai belum tentu milik Toyota Hilux.

Kendaraan ini menjadi perhatian publik setelah dijajal dan dipesan 500 unit oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada pertengahan 2020. Sebanyak 40 unit di antaranya baru saja dikirim dan diserahterimakan oleh Prabowo kepada Kepala Staf TNI Angkata Darat Jendral Andika Perkasa pada 13 Januari 2021.

Direktur Utama Pindad Abraham Mose, melalui keterangan resmi Pindad yang Mobil123.com dapatkan, mengumumkan bahwa versi sipilnya bakal mereka rilis. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut menurutnya berkomitmen untuk masuk ke pasar mobil Indonesia melalui Maung.

Tak berlama – lama, Maung versi sipil rencananya diluncurkan pada pertengahan 2021 mendatang. Tahapan perizinan untuk kendaraan versi sipilnya juga sedang dijajaki karena tentunya terdapat perbedaan dengan izin produksi kendaraan militer yang sudah didapatkan sebelumnya.


“Tahapan produksi Maung versi sipil juga akan melibatkan ekosistem industri otomotif di dalam negeri,” terang dia dalam penyataan resmi.

Tentu saja, ada beragam kelengkapan rantis Maung yang nantinya terpaksa dilucuti. Di antaranya adalah bracket senjata serta roll bar.

Mesinnya juga belum tentu menggunakan milik Toyota Hilux yang berkode 2GD-FTV 2.4-liter dan memiliki gelontoran daya 148 hp plus torsi 400 Nm. Saat ini, Pindad sedang melakukan tahap pengujian terhadap 10 pabrikan untuk kemudian memilih mesin mana yang nantinya disematkan di Maung versi non-militer.


“Maung versi sipil dibanderol mulai di kisaran harga 600 juta-an, tergantung tipe dan kelengkapannya nanti,” papar Abraham.

Dia mengapresiasi tinggi antusiasme masyarakat dan media terhadap kendaraan Maung dari awal kemunculannya untuk versi militer hingga versi sipilnya nanti. Maung versi sipil akan menjadi kendaraan pertama produksi Pindad yang dirilis di pasar komersil.

Sistem pemesanan dan skema pembayaran akan disampaikan pada kesempatan lain, setelah semua persiapan komersialisasi Maung rampung dilaksanakan. Mengingat tingginya minat masyarakat, tidak menutup kemungkinan akan dibuka sistem Pre-Order. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar