4 Pilihan Mobil Bekas Rp50 Jutaan, Bisa Dapat Mercedes-Benz

Mobil Bekas

4 Pilihan Mobil Bekas Rp50 Jutaan, Bisa Dapat Mercedes-Benz

Mobil bekas murah seharga Rp50 jutaan belum tentu terlihat butut dan memalukan untuk dikendarai.

Tidak bisa dimungkiri, deretan mobil bekas Rp50 jutaan lazimnya diisi unit berusia tua. Jika pun ada yang berasal dari rakitan 2000-an, biasanya modelnya tidak bisa dikatakan laris di pasar mobil baru sehingga harga sekennya cepat sekali turun.

Tapi, bukan berarti pencari mobil bekas dengan modal yang sekecil itu tidak bisa menemukan unit yang membuatnya tampil keren, gagah, atau gaul. Hanya saja, calon pembeli memang perlu sangat teliti dalam memilah dan memilih sebelum ‘meminang’.

Artikel kali ini memberikan Anda opsi-opsi mobil bekas Rp50 jutaan di Mobil123.com, dari sekian banyak iklan yang tersedia.

Namun, sebelum itu, tentu saja akan dibahas mengenai berbagai hal yang perlu Anda ketahui agar tak salah menentukan pilihan.

Honda Civic 1997 masuk dalam mobil bekas Rp50 jutaan

Tips Membeli Mobil Bekas Tua

Seperti manusia, mobil yang berusia makin tua juga punya banyak potensi problem di sektor teknis. Tetapi, layaknya pula manusia, perawatan yang bagus sejak dini oleh pemilik terdahulu bisa memperkecil risiko tersebut.

Isu selanjutnya antara lain adalah status surat-surat kendaraan. Karena itu, mari ulas satu-persatu berbagai hal yang perlu diketahui saat membeli mobil bekas tua, seperti dikutip dari berbagai sumber.

Tentunya, bakal sangat baik jika Anda melakukan semua langkah ini bersama teknisi kepercayaan.

  • Pilih yang Bodi dan Catnya dalam Kondisi Bagus

Ini merupakan langkah paling pertama dan relatif paling gampang dalam proses memilih dan membeli mobil bekas tua.

Jangan membeli unit dengan kondisi bodi serta cat jelek. Pasalnya, biaya perbaikan bodi dan cat mobil tua kadang kala bisa lebih mahal daripada ongkos perbaikan teknis kendaraan. Bahkan jika dikomparasi dengan perbaikan mesinnya sekali pun.

Nilai plus bisa diberikan jika bodi mulus, bersih, tidak penyok dengan cat orisinal.

Cek pula plafon atap dalam mobil dan usahakan cari yang masih tebal serta kencang. Kemudian, cek bagian kolong apakah sudah terlihat amat keropos atau tidak.

  • Nyalakan dan Cek Mesinnya

Tentu saja, selanjutnya giliran mesin yang harus dicek, karena bagian ini adalah ‘senjata utama’ tiap kendaraan pembakaran internal (internal combustion engine/ICE).

Minta penjual atau pemiliknya menyalakan mesin dan perhatikan apakah proses itu bisa dilakukan dengan relatif gampang atau sulit.

Panaskan mobil selama lima menit dan dengarkan secara seksama, apakah ada suara-suara aneh atau tak wajar dari mesin. Periksa secara visual apakah ada kebocoran atau oli yang merembes pada bagian atas maupun bawahnya.

Lihat juga warna asap. Asap yang berwarna putih atau hitam menandakan masalah pada proses pembakaran.

Saat mesin sudah mati dan agak dingin, cek lubang knalpot dengan jari untuk mengetahui apakah kondisinya kering serta bebas dari air atau oli.

  • Sebaiknya Beli yang Transmisi Manual

Memang, mobil bertransmisi matik tengah menjadi tren. Namun, untuk urusan mobil bekas tua, disarankan memilih yang bertransmisi manual.

Soalnya teknologi girboks matik masih amat sensitif khususnya untuk mobil-mobil lawas.

Jika pemilik terdahulu tidak merawatnya dengan sangat baik, siap-siap saja mengeluarkan biaya ekstra yang terbilang besar untuk memperbaiki transmisi matik pada mobil bekas tua.

  • Cermati Dokumen-Dokumennya

Jangan pernah abaikan masalah kelengkapan dokumen beserta statusnya, sekeren apa pun mobil itu. Ini demi memastikan mobil bekas tua yang ditaksir tidak memiliki masalah hukum.

Dua dokumen yang wajib ada adalah Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) serta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Untuk mobil-mobil dari era 1970-an, ada satu surat lagi bernama boekpass—sertifikat sebelum BPKB diciptakan. Jika punya surat ini, tentunya unit sungguh masih orisinal dan patut menjadi koleksi.

  • Periksa Kaki-kaki dan Karburator

Dua komponen teknis penting yang perlu dipastikan kondisinya adalah kaki-kaki maupun karburator. Lihat apakah kaki-kakinya sudah rapuh dan perlu banyak perbaikan.

Amat bagus jika Anda juga bisa melakukan test drive untuk merasakannya.

Karburator yang masih mulus nan terawat akan membuat konsumsi BBM mobil tidak lebih boros dari seharusnya.

4 Pilihan Mobil Bekas Rp50 Jutaan

Nah, mari kita mengintip sekelumit dari banyak pilihan iklan mobil bekas Rp50 jutaan di Mobil123.com. Mayoritas dari model yang dipilihkan oleh redaksi adalah sedan bertransmisi manual. Namun, terselip satu SUV garang bagi pencari mobil seken yang suka tampil gagah lagi maskulin.

  • Honda Civic Genio Bekas 1996 Rp50 Juta

Honda Civic Genio Bekas 1995, mobil bekas Rp50 jutaan

Pencari kendaraan bekas dengan anggaran Rp50 jutaan dapat melirik Civic dari tahun produksi 1990-an, khususnya di pertengahan sampai menjelang akhir dekade yang memang ada di kisaran harga itu.

Salah satu contohnya adalah Civic Genio bekas rakitan 1995 yang dijual diler CV Sekoto Putro, Kediri, Jawa Timur dengan harga pas Rp50 juta ini.

Sedan retro ini bermesin bensin 1.6-liter plus transmisi manual, dengan jarak pemakaian yang diklaim baru sekitar 45-50 ribu km. Pajak kendaraan masih berlaku sampai Oktober 2021.

Tidak banyak keterangan mengenai spesifikasi maupun kondisi mobil yang dijelaskan.

Adapun pajak tahunannya menurut diler adalah Rp1.241.600 saja.

  • Mercedes-Benz 300E Bekas 1991 Rp57 Juta

Mercedes-Benz 300E Bekas 1991, mobil bekas Rp50 jutaan

Jika Anda ingin lebih tampak bergengsi dengan modal ‘setipis’ Rp50 jutaan, silakan tengok Mercy 300E bekas 1991 dengan banderol Rp57 juta ini. Penjualnya adalah nondiler yang berlokasi di Lowokwaru, Jawa Timur.

Menariknya, kondisi mobil diklaim masih sepenuhnya orisinal dan sangat terawat dengan jarak pemakaian sekitar 120 ribu km.

Unit dengan mesin bensin 3.0-liter dan transmisi manual ini punya vacuum lampu, vacuum pintu, vacuum headrest aktif.

Banyak suku cadang yang sudah diremajakan oleh pemiliknya. Misalnya saja enam busi, oli mesin-gardan-transmisi baru, filter bensin dan oli.

“Semua kelistrikan aktif,” aku penjual.

  • Daihatsu Feroza 1.6 Bekas 1995 Rp50 Juta

Daihatsu Feroza Bekas 1995, mobil bekas Rp50 jutaan

Jawa Timur tampaknya memang ‘gudang’ mobil-mobil bekas tua keren. Opsi selanjutnya yaitu Daihatsu Feroza 1.6 bekas 1995 dengan harga Rp50 juta masih berasal dari provinsi itu.

Adapun penjualnya lagi-lagi adalah CV Sekoto Putro.

Unit menyandang mesin bensin 1.6-liter dengan transmisi manual. Pemakaiannya sudah sejauh 295-300 ribu km.

Pajak kendaraan masih berlaku cukup panjang yaitu sampai Maret 2022. Besaran pajaknya amat murah, hanya Rp740 ribu saja.

Tidak dijabarkan mengenai kondisi kendaraan, sehingga peminat mesti menghubungi diler untuk menanyakannya.

  • Toyota Crown 2.0 Bekas 1994 Rp57 Juta

Toyota Crown Bekas 1994, mobil bekas Rp50 jutaan

Pecinta Toyota dapat menelisik Crown 2.0 bekas rakitan 1994 dengan harga Rp57 juta dan jarak pemakaian 150 ribu km tersebut. Dapur pacunya bersenjatakan mesin bensin 2.0-liter dengan transmisi otomatis.

Model yang dijual oleh diler Shava Auto Car di Jakarta ini,diklaim langka di Indonesia.

Mesin halus, kaki-kaki empuk, girboks responsif, dan dijamin bebas dari tabrakan.

“Plafon bersih, AC dingin, air swing masih jalan. (Ada) Coolbox, kelistrikan semua bagus. Antena belakang hidup, dasbor bersih,” papar penjual di kolom keterangan. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar