Mobil Bekas dengan Harga Murah di Bawah Rp50 Juta, Ini Pilihannya

Mobil Bekas

Mobil Bekas dengan Harga Murah di Bawah Rp50 Juta, Ini Pilihannya

Pilihan mobil bekas dengan harga di bawah Rp50 juta sangat beragam, mulai dari sedan, SUV hingga MPV. Namun, rata-rata usianya sudah cukup tua.  

Kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan semakin lama semakin tinggi. Terlebih adanya pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia, masyarakat semakin menghindari menggunakan transportasi massal. Tidak sedikit yang beralih menggunakan kendaraan pribadi demi menghindari kerumunan.

Salah satu kendaraan yang menjadi pilihan adalah mobil, karena memberikan ketenangan lebih pada penggunanya. Terlebih, jarak tempuh mobil boleh dikatakan lebih jauh dibandingkan sepeda motor, sehingga dapat meningkatkan mobilitas penggunanya.

Namun, tidak semua orang mampu membeli mobil baru yang harganya sudah mencapai ratusan juta rupiah. Salah satu alternatif untuk mendapatkan kendaraan yang cukup nyaman dan harga relatif terjangkau, yaitu dengan membeli mobil bekas.

Di bursa mobil bekas banyak pilihan kendaraan dengan harga 'miring', bahkan ada yang dibawah Rp50 juta. Tentu ini akan memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin buru-buru memiliki kendaraan pribadi, apalagi jenisnya beragam sehingga Anda mempunyai banyak pilihan.

Sebagai sumber referensi Anda dalam memilih mobil bekas di bawah Rp50 juta, berikut ini pilihannya.

Mitsubishi Lancer 1.6 1995

Pilihan pertama mobil bekas di bawah Rp50 juta adalah Mitsubishi Lancer 1.6 lansiran 1995 yang dijual oleh salah satu diler mobil bekas di Jakarta.

Mobil berwarna putih ini menggunakan transmisi manual yang diklaim baik kondisinya dan dijual dengan harga Rp49 juta. 

Mobil Bekas Dibawah Rp50 juta

Berdasarkan keterangan dalam iklan disebutkan bahwa, mobil telah digunakan sejauh 270.000 km. Meski demikian, komponen kendaraan seperti jok dan dashboard masih asli serta kondisinya relatif baik.

Kondisi mesin juga diklaim masih apik dan standar.

Tak hanya itu, mereka juga menegaskan bahwa, mobil bukanlah bekas tabrak maupun banjir. Sehingga tidak ada kerusakan besar yang dapat merugikan pelanggan di masa depan.

Hyundai Accent Verna 1.5 GLS 2002

Mobil Bekas Dibawah Rp50 juta

Selanjutnya adalah Hyundai Accent Verna 1.5 GLS yang dijual di diler mobil bekas di kawasan Jakarta.

Mobil keluaran 2002 ini diklaim baru digunakan sejauh 100.000 km dan pajak kendaraan panjang.

Hyundai Accent dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 90 hp dan torsi mencapai 129 Nm.

Mobil yang dibanderol Rp35 juta ini juga sudah dibekali dengan beragam fasilitas kenyamanan, satu di antaranya power steering.

Daihatsu Feroza 1.6 1994

Mobil Bekas Dibawah Rp50 juta

Bagi yang ingin tampil gagah, Daihatsu Feroza 1.6 lansiran 1994 ini bisa menjadi sebuah pilihan menarik.

Mobil yang telah menempuh perjalanan sejauh 101.000 km ini dijual dengan harga Rp45 juta.

Mobil bertransmisi manual ini diklaim memiliki body yang masih apik dan terawat. Demikian pula interior kendaraan yang diklaim masih rapi.

Sementara itu, untuk mesin berkapasitas 1.500 cc yang menjadi jantung pacunya juga dijamin masih terawat.

Diler memberikan beragam jaminan terhadap kondisi kendaraan. Mereka memberikan garansi bahwa mobil bukanlah bekas banjir, tabrak dan surat-surat kendaraan masih ada. Tentunya ini akan memberikan ketenganan pada pelanggan saat melakukan pembelian.

Isuzu Panther 1994

Mobil Bekas Dibawah Rp50 juta

Pilihan berikutnya adalah Isuzu Panther tahun produksi 1994 yang dijual di diler mobil bekas asal Kediri, Jawa Timur.

Mobil dengan mesin berkapasitas 2.300 cc ini dilengkapi transmisi manual dan dijual dibawah Rp50 juta atau tepatnya Rp40 juta.

Isuzu Panther sendiri merupakan salah satu mobil legendaris di Indonesia yang ketangguhannya sudah teruji di berbagai medan.

Mobil ini juga terbilang sangat mudah untuk dirawat, karena bengkel dan sparepart-nya sudah tersebar di berbagai daerah.

Toyota Corolla 1988

Mobil Bekas Dibawah Rp50 juta

Toyota Corolla 1988 yang dijual oleh salah satu diler mobil bekas di kawasan Sawagan, Depok.

Mobil ini dijual dengan harga 32,5 juta dan dengan kondisi apa adanya.

Meski tidak ada keterangan apapun dalam iklan, sekilas terlihat kondisi mobil terbilang masih cukup mulus. Demikian juga interiornya yang terlihat masih baik.

Tentunya ini bisa menjadi pilihan menarik khususnya bagi para pecinta sedan.

Tips untuk Mendapatkan Mobil Bekas dengan Harga Kompetitif

Untuk mendapatkan mobil bekas dengan harga yang kompetitif tentu ada trik-trik tersendiri. Hal ini perlu diketahui agar pelanggan bisa mendapatkan harga terbaik dengan kondisi kendaraan yang juga baik.

Cara paling mudah adalah dengan membeli dari kerabat dekat, baik itu teman maupun keluarga sendiri. Cara ini adalah yang paling umum dilakukan karena biasanya kerabat akan memberikan harga terbaik sehingga tidak memberatkan.

Cari juga kendaraan dengan warna unik. Umumnya mobil di Indonesia yang berwarna hitam, silver dan putih memiliki harga lebih tinggi bila dibandingkan warna terang. Selisih harga tersebut pun terbilang cukup jauh, bisa mencapai Rp10 jutaan. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan memilih mobil dengan warna cerah seperti merah, kuning atau biru, karena harganya cenderung lebih murah.

Beli mobil yang kurang diminati juga bisa menjadi sebuah solusi. Umumnya, kendaraan dari brand yang kurang diminati pasar memiliki harga jual kembali lebih rendah. Padahal, kondisi kendaraan bisa saja lebih baik. Untuk itu, bagi mereka yang tidak mementingkan brand maka pilihan mobil tersebut bisa menjadi pilihan.

Membeli mobil dengan usia tua juga bisa menjadi sebuah solusi untuk mendapatkan kendaraan dengan harga lebih murah. Pasalnya kendaraan berusia tua tentu depresiasi harganya sudah sangat besar dibandingkan mobil bekas berusia muda.

Risiko Membeli Mobil Bekas Murah

Tidak selamanya membeli mobil bekas dengan harga murah kondisinya sudah tak baik lagi. Banyak mobil-mobil bekas dengan harga murah yang dijual dalam kondisi apik dan terawat sehingga menjadi buruan.

Meski demikian, tidak ada salahnya untuk melakukan beberapa tindakan preventif untuk memastikan bahwa kondisi kendaraan memang optimal.

Beragam cara bisa dilakukan untuk memastikan kondisi hal tersebut. Paling mudah adalah dengan membeli kendaraan dari orang terdekat. Sebab, sejarah dari mobil tersebut akan lebih mudah untuk ketahui dibandingkan dengan membeli dari orang lain.

Namun, bila tidak memiliki rekanan yang menjual mobil, maka mencari kendaraan di diler terpercaya bisa menjadi sebuah solusi. Umumnya diler yang sudah memiliki reputasi baik akan mempertahankan kualitas mereka agar tidak jatuh di mata masyarakat.

Selain itu, pastikan untuk selalu melakukan inspeksi secara menyeluruh pada kendaraan. Hal ini untuk memastikan bahwa kendaraan memang berada dalam kondisi yang sesuai dengan yang dijanjikan oleh pihak diler

Bila tidak bisa melakukan inspeksi menyeluruh secara mandiri, tidak ada salahnya untuk mengajak rekan yang memang sudah memahami mobil. Tentunya ini akan memudahkan dalam memberikan sebuah keputusan.

Lakukan juga test drive kendaraan sebelum melakukan pembelian, karena ada banyak hal yang bisa dinilai dengan melakukan hal ini. Mulai dari kondisi kaki-kaki, kondisi mesin serta performa kendaraan yang tentunya tidak bisa dilihat secara kasat mata.

Bila memungkinkan, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan langsung di bengkel resmi. Tentu untuk melakukan ini perlu perjanjian dari penjual dan perlu biaya tambahan. Meski demikian, langkah ini terbilang cukup efektif untuk menentukan kondisi kendaraan. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar