Pilihan Lampu LED Paling Terang untuk Mobil

Panduan Pembeli

Pilihan Lampu LED Paling Terang untuk Mobil

 Pilihan lampu penerangan semakin banyak jenisnya dan saat ini banyak produsen sudah beralih dari lampu konvensional ke lampu modern dan berteknologi tinggi. Salah satunya, LED sebagai pilihan untuk penerangan lampu mobil. 

Dahulu hanya ada satu jenis lampu mobil, yaitu halogen atau dikenal juga dengan lampu bohlam. Namun, seiring berkembangnya teknologi, lampu jenis halogen sedikit demi sedikit sedikit mulai terkikis. Perannya digantikan oleh lampu berteknologi tinggi yang lebih terang dari sisi pencahayaan dan hemat energi, yaitu Light Emiting Diode (LED).

 

Saat ini banyak produsen otomotif sudah beralih dari lampu konvensional ke LED. Umumnya LED digunakan pada lampu utama mobil, tapi tidak sedikit pula yang memakainya untuk lampu sein, senja, hingga lampu rem.

Keunggulan dari lampu LED adalah daya tahan dan umur pemakaiannya lebih lama, serta dan jangkauan penerangan sangat baik ketimbang halogen.

Dari segi umur pakai, lampu LED bisa mencapai 30.000 jam, sedangkan halogen hanya sanggup 1.000 jam saja. Begitu juga soal umur pemakaian, halogen masih jauh dan kalah dibandingkan lampu LED. 

Tingkat Kecerahan Lampu LED 

Bagi pemilik mobil yang hendak mengganti lampu utama dari halogen ke LED ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Untuk membaca tingkat kecerahan dari lampu LED bukan lagi seperti membaca daya dari sebuah lampu halogen, melainkan dengan memperhatikan satuan ukur lumen,

Lumen merupakan ukuran dari seberapa terang intensitas cahaya yang dihasilkan oleh lampu LED.

Sedangkan warna yang dihasilkan dari LED ditentukan dari suhu udara yang dihasilkan oleh lampu disebut Kelvin. 

Untuk standar lampu utama pada mobil tingkat kecerahan yang dihasilkan antara 2.500 sampai 3.000 lumens. Sedangkan rata-rata standar warna sekira 6.000 Kelvin. 

Ukuran dan Tipe Lampu LED

Varian lampu LED sangat banyak dan beragam, sebelum membeli ada kalanya ketahui dahulu beberapa varian lampu LED dan fungsinya agar tidak salah dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Biasanya untuk tipe soket lampu dibedakan dengan ukuran, seperti T10 dan T20.

Untuk T10 paling sering ditemui pada mobil di pasaran, karena ukuran lebar soket hanya 10 mm pada lampu utama. Sedangkan soket T20 paling sering ditemui di mobil Eropa atau peruntukannya buat lampu mundur, dan sein.

Sedangkan ukuran lampu LED sendiri terbagi dalam beberapa pilihan. Mulai dari H1 sampai H11 dan tipe H4 paling banyak dipasarkan karena bisa melakukan High beam dan Low Beam dalam satu lampu LED saja. 

Khusus Fog Lamp dan lampu lainnya bisa menggunakan tipe H8, H11 dan H16.

Berikut rekomendasi merek-merek lampu LED untuk kebutuhan pencahayaan utama dari mobil.

CSP Headlight LED 

Merek lampu LED satu ini memberikan daya pancar hingga 4.000 lumen atau 8.000 lumen untuk dua bohlam LED dalam waktu bersamaan. Menjadikan lampu ini sebagai lampu LED paling terang untuk perjalanan. 

Untuk suhu warna sendiri berada di angka 6.500 Kelvin masih diatas standar dan warna yang dihasilkan tentu saja lebih putih dibandingkan lampu LED lainnya. 

Daya lampu LED ini hanya memakan 9-32 Volt sedangkan powernya sendiri buat kedua bohlam hanya 50 watt saja. 

Sedangkan tipe bohlam ini hanya tersedia untuk H4 saja, namun bisa high beam dan low beam dalam satu bohlam saja. Sehingga tidak perlu lagi menambah bohlam halogen untuk lampu jauh.

Daya tahannya menurut klaim pabrikan bisa lebih dari 30.000 jam semenjak penggunaan pertama kalinya. 

Phillips LED Ultinon Gen2 

Produsen lampu ternama Phillips juga produksi Lampu LED untuk mobil dengan tipe Ultinon Essential Generasi kedua. banyak sekali fitur yang diberikan oleh Phillips terutama buat mereka yang ingin berpindah dari halogen ke LED. 

Lampu lebih terang berkat suhu warna yang dihasilkan mencapai 6.000 Kelvin. Sehingga warna yang dikeluarkan lebih putih dan sanggup menerangi jalanan. 

Dengan warna yang dikeluarkan begitu besar tentu butuh pendinginan maksimal. Tersedia fitur thermocool yang mengatur aliran udara pada lampu LED dengan bahan-bahan yang sanggup mendinginkan sistem bohlam LED ini. 

Keunggulan lainnya adalah bisa dipakai di ukuran soket mulai dari H4 sampai H7.

Teknologi yang tersemat pada Phillips yaitu Lumiled Luxeon Boost mampu beradaptasi dengan kondisi maupun bentuk lampu utama yang dipasangkan seperti proyektor dan headlight biasa.

Untuk usia pakai bohlam LED ini klaim pabrikan bisa mencapai 5 tahun dengan daya listriknya hanya 12 Volt dan 16 watt saja. 

Night Eye Headlight LED 

Lampu LED ini lebih terang dengan total pencahayaan mencapai 9.000 Lumen karena setiap bohlam berjumlah 4,500 lumens. Tentu saja dengan intensitas cahaya dan suhu warna mencapai 6.000K bisa hasilkan penerangan sangat luas sekali. 

Sedangkan fitur yang terdapat di bohlam ini adalah Superbright yang bisa menerangi hingga bagian tertentu di jalanan. Selain itu cooling fan sudah terpasang di bohlam ini supaya lampu LED tidak mudah panas apabila digunakan lama.

Tentu saja mudah dipasang terutama untuk tipe diatas H7 yang diperuntukkan untuk foglamp pun tetap bisa. 

Sedangkan konsumsi listrik sendiri bisa mencapai 72 watt dengan kapasitas arus listrik mencapai 9-32 Volt dan masih bisa masuk ke tegangan mobil yang berada di angka 12-24 Volt. 

Osram LEDriving HL H4 Gen2

Sebagai produsen lampu ternama, Osram juga hadirkan lampu LED dengan kemampuan sesuai pabrikan dan daya tahan hingga 5 tahun. Seperti Osram LEDriving dengan bentuk lebih kompak dan bisa digunakan untuk lampu jauh maupun dekat. 

Dengan ukuran lumen hingga 1.500 dan total 3.000 lumen untuk kedua bohlam begitu nyaman bagi pengemudi dan mobil dari lawan arah saat bertemu. 

Bukan itu saja, untuk konsumsi listriknya tidak terlalu besar, bahkan hanya 12-24 Volt saja dan 14 watt.

Buat warna sendiri berkat pengaruh dari suhu warna hingga 6.000 kelvin sehingga warna yang dihasilkan lebih putih.

Penggunaan wajar bisa sampai 5 tahun. (AP/)

 




Berita Utama


Komentar