Pilihan Jaket Bermotor Paling Aman dan Nyaman

Berita Otomotif

Pilihan Jaket Bermotor Paling Aman dan Nyaman

JAKARTA – MotoCAP menguji kualitas dari jaket-jaket untuk para bikers buatan berbagai produsen apparel kenamaan dunia, hasilnya cukup mengejutkan.

Berkendara dengan menggunakan motor memiliki risiko yang cukup besar pada keselamatan. Oleh karena itu pengendara maupun pembonceng diwajibkan untuk menggunakan apparel yang memadai. Konsumen bisa memilih ragam apparel yang mampu memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

 Dipasaran sendiri berbagai merek hadir menawarkan produk-produk unggulannya masing-masing. Beragam teknologi dan inovasi diciptakan guna memenuhi kebutuhan konsumen yang terus meningkat. Mulai dari jaket, celana hingga sarung tangan, diharapkan dapat melindungi pengendara selama perjalanan.

MotoCAP (Motorcycle Clothing Assesment Program) merupakan lembaga yang didirikan oleh Deakin University di Melbourne, Australia. Lembaga tersebut menguji berbagai merek apparel dari berbagai produsen kenamaan dunia.

Lembaga ini menguji apparel secara komprehensif dengan berbagai cara. Mereka menguji ketahanan bahan apparel dari gesekan, benturan hingga kemampuan menahan masuknya air ke dalam. Pengujian ini sendiri mirip yang dilakukan oleh NCAP pada mobil-mobil di seluruh dunia.

MotoCAP menguji jaket, celana, hingga sarung tangan dengan berbagai tes. Mereka bahkan menguji kekuatan benang jahitan, protektor hingga kenyamanan saat digunakan. Seperti disebutkan di atas, mereka juga menguji apakah jaket yang diuji sanggup menahan derasnya air hujan.

Hasil terbaru dari MotoCAP untuk pengujian jaket berbahan tekstil cukup mengejutkan. Merek-merek terkenal seperti RST, REV’IT, Ducati, Rjays, Harley-Davidson, Dririder, Dainese, Ixon, Alpinestars dan Merlin ikut melalui berbagai proses seperti disebutkan di atas.

Lucunya beberapa merek termuka yang juga digunakan beberapa pembalap di MotoGP seperti Dainese, Alpinestars dan REV’IT tidak bisa mengumpulkan lima bintang atau mendapat nilai sempurna. Bahkan Dainese hanya mengumpulkan tiga bintang soal keamanan.

Alpinestars meraih empat bintang sama seperti Ixon. Brand lain juga rata-rata mengumpulkan tiga bintang, namun hanya ada satu brand yang bisa mendapatkan lima bintang alias dicap sangat aman yakni Rjays.

Seperti disampaikan di awal, pengujian tidak hanya fokus pada keamanan namun juga kenyamanan. Rata-rata brand jaket terkenal hanya mendapatkan satu hingga dua bintang dalam hal kenyamanan ketika berkendara.

Bahkan ada merek yang hanya mendapatkan setengah bintang untuk memberikan kenyamanan penggunanya. Benang merahnya adalah jaket yang aman sedikit banyak akan mengorbankan kenyamanan. Namun jika ditilik lebih jauh lagi, bagaimana bisa brand-brand terkemuka hanya bisa mengumpulkan sedikit bintang.

Selain lembaga pengujian ini bermarkas di Australia, produk jaket yang berhasil mengumpulkan lebih banyak bintang hanya Rjays. Sekedar informasi, produk Rjays merupakan brand yang berasal dari benua yang sama yakni Australia. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar