Peugeot Makin Tertarik Jual Sedan Lagi Setelah Revisi PPnBM

Berita Otomotif

Peugeot Makin Tertarik Jual Sedan Lagi Setelah Revisi PPnBM

JAKARTA – Peugeot mengaku makin tersengsem untuk ‘main’ lagi di segmen sedan, setelah pemerintah merevisi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) kendaraan bermotor.

Seperti diketahui, belum lama ini terbit Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019 mengenai revisi PPnBM kendaraan bermotor efektif mulai 2021. Salah satu ubahannya adalah menurunkan PPnBM sedan menjadi setara dengan mobil-mobil bermesin konvensional lain.

Sebelum itu, PPnBM sedan berselisih cukup jauh di atas kendaraan-kendaraan jenis lain. Alhasil, harganya pun menjadi cukup mahal sehingga pasar dan variasi modelnya di Nusantara makin lama makin berkurang hingga sekarang hanya berkontribusi hanya beberapa persen dari total penjualan mobil nasional menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Fredy Jeo, Head of Sales PT. Astra International – Peugeot Sales Operation (AI – PSO), mengatakan sebelum regulasi itu keluar, pihaknya sudah mempunyai rencana untuk kembali meluncurkan plus menjual sedan lagi di Tanah Air. Dengan adanya PP Nomor 73 Tahun 2019, mereka makin terdorong lagi.

“Ya, kami makin tertarik,” ucap dia dalam wawancara di Menara Astra, Jakarta pada Senin (19/11/2019).

Sekadar mengingatkan, mulai tahun lalu, Peugeot kembali menggeliat dan menata ulang lini produk mereka di Indonesia. Mereka cukup lama vakum dan tenggelam di tengah makin riuhnya pasar roda empat.

Dengan penataan ulang itu, sekarang merek asal Prancis ini hanya meluncurkan dua sport utility vehicle (SUV). Adapun modelnya antara lain ialah 3008 (mengaspal 2018) dan 5008 (2019).

Sedan-sedan yang dahulu dijual akhirnya tidak dimasukkan lagi untuk saat ini. Adapun model sedan terakhir yang mereka pasarkan di negeri ini antara lain adalah 408 plus 508.

Fredy menjelaskan setiap tahun pihaknya akan merilis sekurang-kurangnya satu model baru. Selain SUV dan sedan, Peugeot juga telah berencana merilis city car.

Sedan, lanjut dia, masuk dalam rencana jangka menengah. Akan tetapi, dia tidak memberi petunjuk sedikit pun mengenai waktu peluncuran untuk model city car. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support