Peugeot akan Jual Mobil Hybrid di Indonesia

Berita Otomotif

Peugeot akan Jual Mobil Hybrid di Indonesia

JAKARTA – Peugeot memastikan bakal menjual mobil hybrid di Indonesia.

Peugeot memang baru mulai bergerak lagi di jagad otomotif nasional, tapi ternyata juga mengincar pasar mobil listrik, khususnya untuk mobil hybrid. Fredy Jeo, Head of Sales PT. Astra International – Peugeot Sales Operation (AI – PSO), menegaskan mereka pasti akan bergabung di segmen tersebut.

Merek asal Prancis ini sendiri melakukan penataan ulang model yang mereka jual di Indonesia sejak 2018. Kini, mereka hanya menjual sport utility vehicle (SUV) 3008 plus 5008. Sudah ada pula rencana menjual city car serta sedan dalam waktu yang masih dirahasiakan.

“Kami lagi mempelajari kesiapan dari semua lini untuk masalah hybrid. Tapi ke depannya mobil hybrid kami pasti akan masuk karena seperti yang kita tahu Presiden Jokowi, kan, ingin mengembangkan mobil listrik,” ucap dia dalam wawancara pada awal pekan ini di Menara Astra, Jakarta.

Seperti diketahui, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 mengenai gambaran umum 17 insentif bagi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Dengan ini, regulator berharap pasar serta industri mobil listrik, baik yang hybrid maupun mobil listrik murni, akan terbentuk secara bertahap.

Perpres tersebut kemudian disusul oleh Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 Tahun 2019 yang antara lain berisi detail keringanan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) bagi mobil hybrid, plug-in hybrid (PHEV), mobil listrik murni, sampai mobil hidrogen. Akan tetapi, aturan ini baru efektif berlaku mulai 2021.

Pemerintah sendiri tidak memberikan insentif secara cuma-cuma. Mobil-mobil yang mendapatkannya awalnya boleh berstatus impor, tapi dalam jangka waktu tertentu harus dirakit secara lokal.

Peugeot, menurut Fredy, mengetahui hal ini. Untuk menaatinya, mereka mengakui akan memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki PT. Astra International (Grup Astra) sebagai induk perusahaan mereka di Indonesia.

“Pastinya kami akan memanfaatkan itu,” ujar dia.

Sebagai informasi, Grup Astra memiliki perusahaan perakitan otomotif bernama PT. Gaya Motor. Adapun pabrik mereka berlokasi di Sunter, Jakarta.

Peugeot, di pasar global, telah memiliki varian hybrid untuk beberapa model. Di segmen hatchback, mereka punya 208 hybrid dan di sektor sedan terdapat 508 hybrid. Untuk SUV, ada 2008 maupun 3008 hybrid. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support