Petualangan Mobil Listrik Pertama yang Diproduksi Mitsubishi Berakhir

Mobil Baru

Petualangan Mobil Listrik Pertama yang Diproduksi Mitsubishi Berakhir

MINATO - Mitsubishi i-MieV (Mitsubishi innovative Electric Vehicle) akan disetop produksinya dalam waktu dekat alias didiskontinu.

Mitsubishi i-MieV sendiri melakukan debutnya pada 2009. Dan menjadi mobil listrik penumpang yang pertama kali diproduksi oleh Mitsubishi.

Dalam waktu 11 tahun, Mitsubishi i-MieV telah dipasarkan ke sekitar 50 negara di dunia termasuk Jepang dan negara-negara Eropa serta Amerika. Namun ternyata sepak terjang dari mobil listrik perkotaan dengan dimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.600 mm ini kurang berhasil.

Mitsubishi i-MieV stop produksi
Karena meski telah lama eksis, namun perlahan tapi pasti Mitsubishi i-MieV bisa disebut agak terlupakan. Penjualannya dalam kurun waktu tersebut tergolong tidak signifikan, tercatat hanya 32 ribu unit saja di seluruh dunia.

Mitsubishi i-MieV seolah tidak bisa bersaing di pasar mobil listrik dunia yang makin sengit. Apalagi Mitsubishi seperti tidak memperhatikan perkembangan mobil listik ini, berbeda dengan yang dilakukan terhadap Mitsubishi Outlander PHEV.

Mobil ini praktis hanya mengandalkan daya jelajah 160 km per pengisian full baterai. Dan kemudian malah memutuskan untuk tidak lagi memproduksi Mitsubishi i-MieV, kabarnya dilakukan di ujung 2020.

Contoh kompetitor cukup eksis di pasar mobil listrik adalah Nissan Leaf yang merupakan produk saudara aliansi Mitsubishi i-MieV. Leaf lebih muda 1 tahun dari i-MieV, namun penjualannya lebih dari 10 kali lipat mencapai di kisaran 500 ribu unit.

Bisa jadi Mitsubishi i-MieV akan didiskontinu karena rencana Mitsubishi dan Nissan untuk melakukan pengembangan lain yang menjadi misi aliansi di masa mendatang. Kabarnya  mereka punya rencana untuk melahirkan mobil listrik kembar pada 2023 seperti yang telah dilakukan pada duet Xpander dan Livina.

Untuk diketahui, Mitsubishi i-MieV dilengkapi dengan motor listrik 47 kW atau 63 hp dan torsi 180 Nm. Dan punya baterai berkapasitas 16 kWH.

Di Indonesia, Mitsubishi i-MieV sering digunakan pada kegiatan CSR. Seperti PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) cukup sering mendonasikan Mitsubishi i-MieV untuk kegiatan pengembangan teknologi mobil listrik Tanah Air kepada Pemerintah. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar