Pesona MPV Bekas Memudar, SUV Mulai Jadi Primadona

Mobil Bekas

Pesona MPV Bekas Memudar, SUV Mulai Jadi Primadona

JAKARTA – Meski masih banyak peminat, pesona MPV bekas kini sudah mulai tergantikan dengan SUV.

Hal ini disampaikan oleh Sutadi, Chief Operating Officer Mobil88 beberapa waktu lalu. Berdasarkan pengamatannya di lapangan, masyarakat lebih menginginkan SUV dibandingkan MPV karena memiliki fungsi yang lebih baik ketimbang MPV.

“Mobil di Indonesia yang paling banyak dicari adalah SUV karena secara medan bisa di dua alam (perkotaan dan luar kota). Misalkan Jakarta, kita tahu bersama bahwa sering banjir atau genang air cukup tinggi sehingga kosumen akhirnya lebih memiliki kendaraan dengan ground clearence tinggi,” terangnya.

Untuk modelnya sendiri, Toyota Rush dan Toyota Fortuner merupakan kendaraan yang cukup banyak dicari oleh pelanggan. Kedua kendaraan tersebut dianggap memenuhi kebutuhan masyarakat karena memiliki ground clearence tinggi dan masih mampu menampung hingga tujuh orang penumpang.

Tak hanya itu, Ia juga mengaku bahwa penjualan kendaraan di kelas low entry kini mengalami penurunan. Penurunan tersebut sangat terasa khususnya pada kendaraan-kendaraan seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

“Data menunjukkan menunjukkan bahwa untuk mobil-mobil menengah ke atas justru mengalami peningkatan. Bahkan di segmen mobil baru, Toyota Alphard indentnya sangat lama. Yang turun permintaannya justru kendaraan menengah ke bawah sepeti Toyota Avanza,” terangnya.

Mulai Membaik

Pesona MPV Bekas Memudar, SUV Mulai Jadi Primadona

Penjualan kendaraan mobil bekas boleh dikatakan sangat terpukul sejak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) melanda Indonesia. Pukulan bahkan langsung terasa sejak awal pandemi di bulan Maret 2020.

Namun kondisi ini kini sudah mulai mereda, bahkan sejak akhir tahun 2020. Meski masih jauh dari kondisi normal, pergerakan pasar mobil bekas dinilai sudah membaik dibandingkan pada awal Maret 2020 lalu sehingga cukup memberi angin segar terhadap para pedagang mobil bekas khususnya Mobil88.

“Bila melihat dari sudut padang pasar sudah normal maka saat ini masih belum kembali. Tapi trendnya di 2021 ini lebih baik dibandingkan 2020 kemarin. Memang awal pandemi di bulan Maret dan bila dibandingkan antara Maret 2020 dengan Maret 2019 selisihnya jauh sekali. Tapi sekarang sudah mulai ada perbaikan,” pungkasnya.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar