Pertarungan Rossi dan Lorenzo Makin Memanas

Berita Otomotif

Pertarungan Rossi dan Lorenzo Makin Memanas

​BRNO – Cal Crutchlow boleh mengukir sejarah menjadi orang Inggris pertama setelah 35 tahun yang memenangi seri MotoGP.

Jalannya balapan cukup menarik karena dimulai dengan kondisi jalan basah akibat hujan yang mengguyur sirkuit Brno, Ceko. Crutchlow memang tampil trengginas dan kemudian memberikan kejutan dengan meraih podium pertama.

Pembalap 30 tahun ini awalnya berada di belakang Rossi. Namun dengan pilihan ban tepat yakni hard compound membuatnya mampu memaksimalkan laju motornya dan menjadi yang tercepat. Tak ada satu pun pembalap yang mampu membendungnya, Crutchlow beri kejutan besar.

Namun pusat perhatian tetap datang dari persaingan 3 pemuncak klasmen sementara MotoGP 2016 antara Marc Maquez, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Apalagi dari hasil balapan hari minggu kemarin, Rossi merebut posisi kedua klasemen sementara, membuatnya menggeser Lorenzo ke posisi 3 klasemen sementara MotoGP 2016.

Rossi kini memiliki total poin 144, sementara Lorenzo 138, selisih poin yang sangat ketat. MotoGP 2016 sendiri tinggal menyisakan 7 balapan lagi. Yang terdekat adalah GP Inggris, akan di gelar di sirkuit legendaris Silverstone. Persaingan antara Lorenzo dan Rossi akan makin menarik di sana.

Sejak berkecimpung di balapan kasta tertinggi roda 2, Rossi telah 6 kali menjuarai MotoGP Inggris. Disini The Doctor adalah pemegang gelar 2015 setelah sebelumnya menjuarainya pada 2000, 2001, 2002, 2004 dan 2005.

Lorenzo sendiri pernah 3 kali menjadi yang tercepat Silverstone yakni pada musim 2010, 2012 dan 2013. Ini adalah modal sangat baik pria kelahiran Spanyol ini untuk bisa memperbaiki posisinya di klasemen sementara.

Lain halnya dengan Marc Marquez, juara dunia MotoGP 2 kali ini pernah sekali menjadi juara di GP Inggris pada musim 2014. Kala itu mengalahkan Lorenzo dan Rossi yang harus puas di tempat kedua serta ketiga. Pria Spanyol ini pasti tidak akan tinggal diam untuk mempertahankan posisi nomer 1 meski unggul lebih dari 50 poin dengan Rossi. Pembalap 23 tahun ini telah meraih 197 poin.

Pertarungan di Silverstone akan di gelar 4 September 2016 juga tentunya akan menjadi ajang pembuktian Crutchlow. Ia akan bermain di kandangnya sendiri dengan kepercayaan diri tinggi setelah menjadi juara di Brno.

Pelengkap pertarungan lainnya tentu bakal datang dari duo Ducati Andera Iannone dan Andrea Dovizioso yang mudah-mudahan tidak bermasalah dengan tunggangannya. Maverick Vinales juga layak diperhitungkan, calon tandem Rossi musim depan ini cukup konsisten dalam setiap balapan.

Dan belajar dari Brno, tim-tim satelit juga siap dengan kejutan. Paling tidak ada beberapa pembalap yang masuk 10 besar. Apalagi jika para rider papan atas lengah, bukan tidak mungkin bakal lahir juara atau pecah rekor-rekor baru yang datang dari tim-tim satelit. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support