Pertarungan Nissan X-Trail dan Honda CR-V (Versi Brosur)

Panduan Pembeli

Pertarungan Nissan X-Trail dan Honda CR-V (Versi Brosur)

JAKARTA - Mobillovers, PT Honda Prospect Motor (HPM) telah merilis secara resmi new Honda CR-V. Perjalanan mobil keluarga ini tidaklah mulus di Indonesia.

New Honda CR-V dihadang beberapa SUV sekelas, salah satunya Nissan X-Trail yang diluncurkan terakhir kali  akhir tahun lalu. Keduanya sama-sama tampil fresh dan modern luar dan dalam. Kira-kira mana yang lebih baik. Ulasan kali ini membandingkan varian tertinggi dari masing-masing kendaraan berdasarkan brosur.

1. Desain
Pertarungan kedua mobil ini sangat ketat. Terlihat dari bahasa desain yang disampaikan. Baik Nissan X-trail dan Honda CR-V, kini tampil dengan berbagai pengubahan desain eksterior yang terkesan sporty dan berkarakter.

Artikel bersambung dibawah

Nissan X-Trail, dari depan sampai belakang sarat mengalir garis tegas aerodinamis. Lengkungannya mampu mengubah stigma orang yang sebelumnya menilai desain Nissan X-trail kaku. Lampunya pun lebih modern dengan LED Daytime Running Lights.

Sementara new Honda CR-V tak kalah segar meski lengkungan body tidak berubah dari model sebelumnya. Maklum Honda hanya melakukan pengubahan kecil dan penambahan fitur yang lebih fungsional.

Di bagian depan, Honda menyertai new HID Projector Headlight with LED Daytime Running Light serta desain fog lamp baru. Nah, Nissan X-trail dan Honda CR-V sama-sama memiliki sunroof. Menarik, bukan?

2. Interior
Honda CR-V 2016 varian tertinggi dilengkapi kulit untuk kenyamanan pengendara dan penumpang. Fitur seperti Tilt and Telescopic Steering Wheel, fitur i-MID (intelligent-Multi Information Display), dengan layar berwarna 5 inchi untuk menampilkan berbagai informasi seperti konsumsi bahan bakar, Rear Parking Camera Display, audio, jam.

Ada juga kursi elektrik dengan 8 pengaturan posisi duduk. Lebih nyaman dengan Lumbar Support. Untuk kenyaman seluruh kabin terdapat Auto AC with Dual Zone Climate Control dan Rear AC Ventilation untuk pendinginan yang lebih cepat dan merata.

Untuk menemani selama perjalanan terdapat New 7.0” Touchscreen Audio Video With Smartphone Connection yang dapat memutarkan lagu melalui AM/FM radio, CD, DVD, iPod/iPhone, Screen Mirrorring dengan menggunakan kabel optional yang tersedia untuk IOS dan Andrioid, Navigation System, MP3 Player, Aux input, HDMI port, USB port.

Nissan X-Trail tak kalah premium. Bangku depan all-New Nissan X-Trail dilengkapi dengan Spinal Support Technology yang didesain untuk menopang tulang belakang dengan sempurna, memberikan kenyamanan sempurna walau berkendara dalam waktu lama. Bangku baris ketiga bergaya stadium yang bisa dilipat tepat di tengahnya (50/50) dengan sempurna menambah fleksibilitas untuk para penumpang. Sesuai dengan penelitian internal NMI, Nissan X-Trail ini memiliki head room (120 mm) dan leg room (200 mm) baris kedua terluas dalam kelasnya. Panjang kabin (2750) dan driver headroom (140 mm) paling luas.

Ada pula fitur lain yang cukup membantu yakni Around View Monitor. Fitur ini menggunakan empat kamera super wide-angle kecil yang diletakkan pada bagian depan, samping, dan belakang kendaraan untuk memudahkan pengendara melihat obyek-obyek sekitar dengan bird’s eye view 360-derajat. Sangat berguna saat Anda memarkir kendaraan.

3. Mesin
New Honda CR-V dilengkapi mesin 2.4 liter DOHC i-VTEC dan diklaim menghasilkan tenaga terbesar di kelasnya, yakni 190 Hp pada 7.000 rpm dan torsi maksimal 221 Nm pada torsi 4.400 rpm. All-new Nissan X-Trail disokong mesin 2.488 cc bertenaga 169 dk dan torsi 226 Nm. Mesin ini dikawinkan transmisi CVT, begitu juga new Honda CR-V.

4. Fitur keselamatan
Honda CR-V diperkuat struktur rangka bodi dengan teknologi G-Force Control Technology (G-CON) + ACETM, 6 Airbags (Dual Front SRS Airbag + New Side Airbags + New Side Curtain Airbags) untuk perlindungan meyeluruh hingga baris kedua. Sabuk keselamatan dengan Pretensioner & Load Limiter menjaga posisi badan saat terjadi pengereman mendadak.

Neck Shock Mitigation Seat berfungsi mengurangi cedera pada leher, serta Whiplash Mitigation Seat mengurangi efek benturan pada punggung. New CR-V juga dilengkapi dengan ISO-FIX + Tether untuk memasang car seat anak-anak dengan aman.

Nissan X-Trail dilengkapi Dual SRS Airbag, ABS+EBD+BA, Immobilizer + security system, Hill Start Assist, Active Trace Control.


5. Fitur menarik
Paling istimewa ketika melihat sistem operasi pintu belakang kedua mobil ini yang sudah mengandalkan sistem robotik. Anda tinggal menekan tombol di remote control maka pintu belakang segera terbuka. Nissan menamainya "Touchless Back Door" dan Honda "Power Tailgate".

Menariknya, pemilik X-Trail cukup mendekatkan dan mengibaskan tangan di sensor tuas pembuka pintu belakang, maka pintu akan otomatis membuka sendiri. Cerdik!

Pintu belakang Honda CR-V dan Nissan X-Trail menyuguhkan fitur anti-terjepit. Fitur ini akan aktif ketika ada benda yang menghambat daun pintu belakang saat menutup.

Fitur unggulan lainnya yakni memiliki fitur cruise control pada kedua mobil. Tidak hanya ini.

Untuk new Honda CR-V ada fitur unik yakni "nanoe technology" yang berada tepat di tengah dasboard.Saat tombol tersebut ditekan, nanoe akan bekerja dengan memproduksi Elektrostatik nano dalam partikel air yang memiliki fungsi untuk mengurangi bau tak sedap seperti asap rokok, dan membunuh jamur dan virus.

Kedua tipe tertinggi menampilkan sunroof. Oiya, X-Trail hadir dengan 3 baris jok (7-seater), sedangkan CR-V hanya 2 baris (5-seater).

6. Harga
New Honda CR-V Prestige CVT dibanderol Rp 477,5 juta dan all-new Nissan X-Trail RP 419,1 juta.

7. Which One?
Setelah kita bahas komparasi kedua SUV berdasarkan brosur, kami beranggapan Honda CR-V lebih menggoda berdasarkan performa mesin dan kelengkapan fitur meski harga lebih mahal, desain tidak berubah radikal dan hanya 5 jok, Kita mesti tunggu pertarungan di jalan raya dari kami.  [Ikh/Idr]

 



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual