Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pertamina Turunkan Harga Pertamax Series

Berita Otomotif

Pertamina Turunkan Harga Pertamax Series

JAKARTA – PT Pertamina (persero) menurunkan harga dari BBM Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite sejak 5 Januari 2020.

Penurunan tersebut merupakan implementasi dari Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 187K/10/MEM/2019 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

“Pertamina berharap penyesuaian harga ini dapat meningkatkan loyalitas masyarakat Indonesia terhadap Pertamina sekaligus mengajak masyarakat menggunakan produk-produk BBM berkualitas. Kami telah berkoordinasi dengan instansi terkait dan memastikan pelayanan kepada masyarakat terus berjalan dengan baik,” ungkap Dewi Sri Utami, Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III.

Dengan penurunan ini maka Pertamax Turbo kini dijual Rp 9.900 per liter dari sebelumnya Rp 11.200 per liter atau turun Rp 1.300. Sementara Pertamax dijual Rp 9.200 per liter dari sebelumnya Rp 9.850 per liter atau turun Rp 650.

Selanjutnya adalah Pertamina Dex yang kini dijual lebih murah Rp 1.500 dari sebelumnya Rp 11.700 per liter menjadi 10.200 per liter. Kemudian Dexlite turun Rp 700 dari Rp 10.200 menjadi Rp 9.500 per liter. Terakhir adalah Solar non Subsidi yang sebelumnya dari Rp 9.600 menjadi Rp 9.300 per liter (turun Rp 300). Untuk Pertalite, harga masih sama yaitu Rp arga Rp 7.650 per liter.

Sebagai informasi, harga BBM di beberapa wilayah berbeda karena adanya pemberlakuan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) yang berbeda untuk setiap wilayah. Semua harga BBM ini juga sesuai dengan peraturan Pemerintah yang mengatur harga BBM Jenis Bahan Bakar Minyak Umum sebesar minimal 5% dan maksimal 10% dari harga dasar. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang