Perpanjangan SIM di Kota Ini Harus Daftar Online

Berita Otomotif

Perpanjangan SIM di Kota Ini Harus Daftar Online

NGANJUK – Masyarakat Nganjuk yang hendak memperpanjang SIM kini diwajibkan untuk mendaftar online terlebih dahulu.

Hal ini disampaikan dalam akun Instagram NTMC_polri siang hari tadi. Dalam postingannya disampaikan bahwa setidaknya ada empat langkah yang harus dilakukan masyarakat dalam mengikuti prosedur baru ini. Dan berikut adalah tahapannya

  • Masuk ke website https://www.satlantaspolresnganjuk.com
  • Klik daftar SIM Online
  • Isi dengan benar biodata sesuai dengan formulir yang tertera
  • Simpan nomor registrasi berupa pdf dan tunjukkan ke petugas SIM

Dengan adanya kebijakan baru ini maka diharapkan tidak terjadi penumpukan antrian perpanjangan SIM yang biasa ditemukan sehari-hari. Pemohon cukup menyesuaikan waktu kedatangan dengan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya.

Hingga saat ini belum disampaikan apakah kebijakan ini kedepannya akan diterapkan ke seluruh Indonesia atau tidak. Namun pastinya, dengan program ini diharapkan proses perpanjangan SIM dapat lebih ringkas dan mudah.

Persyaratan perpanjangan SIM

Persyaratan pembuatan SIM
Selain harus mendaftar secara online, ada beberapa syarat lagi yang harus dipatuhi masyarakat untuk bisa memperpanjang SIM mereka. Masyarakat diharuskan untuk membawa beberapa berkas asli dan fotokopi. Berkas-berkas tersebut adalah

  • KTP Asli
  • Fotokopi KTP
  • SIM Asli
  • Fotokopi KTP

Masa Berlaku SIM

Masa Berlaku SIM
Patut diketahui pula bahwa masa berlaku SIM kini tidak lagi menyesuaikan tanggal lahir pemilik. Selama ini untuk memudahkan masyarakat mengingat masa berlaku SIM, maka tanggal kadaluarsa disesuaikan dengan tanggal ulang tahun. Namun, sejak digunakannya Smart SIM maka ada penyesuaian masa berlaku.

Aturan ini diklaim sesuai dengan Perkap 9 tahun 2012 yang menyebutkan bahwa masa berlaku SIM adalah 5 tahun. Perkap tersebut pun kemudian diperkuat dengan Surat Telegram Korlantas Polri nomor ST/2664/X/Yan.1.1./2019.

Dengan adanya perubahan ini maka masyarakat diharapkan untuk lebih memperhatikan masa berlaku SIM. Terlebih bila terlambat diperpanjang maka pemilik SIM harus menjalani prosedur pembuatan SIM baru. Hal tersebut berlaku sama untuk mereka yang SIM nya hilang atau rusak.

Perpanjangan SIM sendiri sudah bisa dilakukan 14 hari sebelum masa berlaku habis. Dengan demikian masyarakat bisa lebih mudah untuk menyesuaikan waktu untuk memperpanjang SIM mereka. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar