Perlu 22 Jam Untuk Memproduksi Satu Unit Mobil Toyota

Berita Otomotif

Perlu 22 Jam Untuk Memproduksi Satu Unit Mobil Toyota

KARAWANG – Untuk memproduksi satu unit mobil dari nol, Toyota Karawang Plant 2 rupanya membutuhkan waktu sekitar 22 jam.

Waktu tersebut digunakan untuk melalui beberapa tahapan seperti press shop (fasilitas pengepresan), Welding Shop (fasilitas pengelasan), Paint Shop (fasilitas pengecatan), Engine Shop (fasilitas menufaktur mesin) dan  Assembly Shop (fasilitas perakitan).

Pabrik yang memproduksi mobil Etios Valco, Sienta, Vios dan Yaris ini sanggup memproduksi sebanyak 400 unit mobil per harinya. Kapasitas produksi pabrik ini total bisa mencapai 120.000 unit setiap tahunnya.

Jumlah tersebut masih belum digunakan sepenuhnya. Hal ini terlihat dari jumlah produksi Januari hingga bulan November 2016. Tercatat, Toyota Karawang Plant 2 baru memproduksi sebanyak 63.100 unit kendaraan. Itu artinya sekitar setengah dari total kapasitas produksi pabrik.

Dari jumlah tersebut, hampir 70 persen di antaranya adalah Sienta dan Vios dari berbagai tipe dan warna. Sisanya adalah Yaris dan Etios Valco. Jumlah Etios Valco yang diproduksi pun tidak banyak, hanya 10 unit per harinya, jauh di bawah total produksi setiap harinya.

Jumlah produksi tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi pasar domestik, namun juga pasar international. Hal ini diwujudkan dengan diproduksinya Vios dengan setir kiri untuk memenuhi kebutuhan pasar di Timur Tengah. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual